Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

China Kedapatan Kirim Pasokan Kendaraan Militer ke Rusia Pakai Kereta Api

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Agustus 2022, 15:41 WIB
China Kedapatan Kirim Pasokan Kendaraan Militer ke Rusia Pakai Kereta Api
Tangkapan layar kendaraan militer China yang dikirim ke Rusia/Net
Meski berulang kali membantah telah mendukung Rusia secara militer atas invasinya ke Ukraina, China nyatanya menggelontorkan bantuan berupa peralatan logistik untuk Moskow.

Sebuah video menunjukkan peralatan logistik buatan China berada di stasiun kereta api di Rostov.

Beberapa peralatan tersebut termasuk kendaraan serba guna 4x4 NJ2040, yang merupakan Iveco VM 90 berlisensi yang diproduksi di China oleh konsorsium NAVECO. Itu adalah usaha patungan antara Perusahaan Grup Motor Nanjing China dan Fiat Italia dengan Iveco.

Kendaraan ini dipakai oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China sejak 1999, dan banyak digunakan dalam banyak versi, baik untuk transportasi infanteri hingga amunisi.

Selain itu juga terlihat dua truk Shacman Shaanxi SX2300 8×8. Ini adalah truk dengan berat 13 ribu kg dan muatan 17 ribu kg. Sebagai perbandingan, KamAZ-63501 yang populer memiliki kapasitas muat 15 ribu kg.

Di akhir video juga tampak dua tanker, sebuah truk dengan badan servis, dan truk lainnya dalam berbagai konfigurasi, termasuk 6×6 Shaanxi SX2190.

"China diam-diam mendukung Rusia, meskipun tidak dengan senjata mematikan, tetapi dengan peralatan yang sama-sama diperlukan untuk memastikan fungsi tentara," tulis bulgarianmilitary.com.

Sejak meluncurkan invasi ke Ukraina pada Februari lalu, Rusia mengalami kerugian besar sehingga membutuhkan kendaraan tambahan untuk memastikan kelancaran pasokan amunisi.

Munculnya peralatan logistik China di Rostov menunjukkan mereka kemungkinan besar dikirim menggunakan kereta api.

ARTIKEL LAINNYA