Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

ASEAN DAY 2022

Dubes Najib: Di Tengah Gejolak Dunia, ASEAN Kunci Stabilitas Kawasan

LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 05:33 WIB
Dubes Najib: Di Tengah Gejolak Dunia, ASEAN Kunci Stabilitas Kawasan
Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Muhammad Najib (keempat dari kanan) bersama Dubes negara-negara ASEAN serta Dubes China, India, dan Dubes Korsel./Ist
Di tengah dunia yang sedang bergejolak dan munculnya banyak ketidakpastian, ASEAN harus tetap menjadi kunci stabilitas kawasan.

Demikian inti dari pesan yang disampaikan oleh Duta Besar RI Madrid, Dr. Muhammad Najib, yang menjadi tuan rumah Upacara Pengibaran Bendera pada saat peringatan ke-55 ASEAN Day di gedung KBRI Madrid, Senin, 8 Agustus 2022.

Dubes RI Madrid menegaskan bahwa keberhasilan ASEAN dalam menata Asia Tenggara yang damai, stabil dan sejahtera menjadi modal baik bagi masa depan kawasan, termasuk Indo-Pasifik secara lebih luas. Hal ini  penting untuk disadari karena ASEAN saat ini sudah menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-lima secara global, dan segera akan menjadi terbesar ke-empat  pada tahun 2030.

Adapun dari 650 juta warga ASEAN, mayoritas populasi tersebut berusia muda dan produktif, sehingga diharapkan pertumbuhan ASEAN terus berlanjut.

Selaku Dubes RI  di Spanyol, Dubes Najib menyambut baik bahwa KTT ASEAN �" Uni Eropa yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Brussel pada bulan Desember 2022. Hal ini merupakan pengakuan bahwa masa depan Eropa dan Asia Tenggara sangat berkaitan erat. Selain itu, Spanyol menjadi mitra penting Indonesia, maupun ASEAN. Hal ini akan melandasi kolaborasi Indonesia dengan Spanyol, ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023 dan Spanyol sebagai Presiden Uni Eropa pada paruh kedua 2023.

Meskipun peringatan ASEAN Day 2022 dilakukan pada masa libur, acara cukup meriah  dengan kehadiran sekitar 70 tamu. Selain para Dubes dan wakil dari Viet Nam, Thailand, Malaysia dan Filipina, hadir pula sejumlah Dubes dan perwakilan negara mitra ASEAN, yakni RRT, Korea Selatan dan India. Tamu lain terdiri dari Kementerian Luar Negeri Spanyol, mantan Kepala Wilayah NATO untuk Spanyol, perwakilan asosiasi Pengusaha, serta insan media Spanyol.

Yang mendapatkan apresiasi besar dari para tamu, selain pidato Duta Besar Indonesia, juga prosesi pengibaran bendera ASEAN yang dibawakan secara apik oleh Tim Paskibra KBRI Madrid dan sajian makanan khas dari kelima Kedubes ASEAN yang ada di Madrid.

Suasana ramah tamah resepsi diiringi oleh musik tradisional Indonesia yang dibawakan oleh kelompok gamelan KBRI Madrid, Caraka Laras.
EDITOR: JONRIS PURBA

ARTIKEL LAINNYA