Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalami Kasus Pembunuhan Empat Pria Muslim, Polisi New Mexico Minta Bantuan Masyarakat Terkait Kendaraan yang Mencurigakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 06:28 WIB
Dalami Kasus Pembunuhan Empat Pria Muslim, Polisi New Mexico Minta Bantuan Masyarakat Terkait Kendaraan yang Mencurigakan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penembakan dan pembunuhan empat pria Muslim di Albuquerque terus menyita perhatian publik, memicu kepanikan dan kekhawatiran komunitas Muslim kota itu dan membuat aparat kepolisan New Mexico bergelut dengan penyelidikan siang dan malam.

Wakil komandan Divisi Investigasi Kriminal Departemen Kepolisian Albuquerque, Kyle Hartsock, dalam pernyataannya pada Senin (8/8) mengatakan, pihaknya masih terus mengumpulkan bukti-bukti dan menggali informasi lebih banyak lagi atas peristiwa yang menggegerkan kota.

Polisi juga meminta bantuan masyarakat yang mungkin memiliki informasi terkait peristiwa itu, termasuk merilis kendaraan yang dicurigai.

Pada Jumat pekan lalu (5/8) polisi menemukan seorang pria, Naeem Hussain berusia 20-an tahun, tewas setelah mengalami serangan.

"Dia ditembak mati di tempat parkir sebuah organisasi yang menawarkan layanan bagi pengungsi dan pencari suaka," kata polisi Albuquerque yang menanggapi laporan penembakan sebelum tengah malam di daerah Truman Street dan Grand Avenue.

Setelah penemuan itu, polisi Albuquerque mengatakan pembunuhan itu "mungkin terkait" dengan tiga pembunuhan sebelumnya terhadap pria Muslim dari Asia Selatan.

Ketiga pria itu - Muhammad Afzaal Hussain, Aftab Hussein dan Mohammad Ahmadi - semuanya "disergap tanpa peringatan, ditembaki dan dibunuh," kata Hartsock, seperti dikutip dari CNN, Senin (8/8).

Dua dari mereka, yaitu Muhammad Afzaal Hussain dan Aftab Hussein, adalah pria Pakistan dan terbunuh di Southeast Albuquerque dekat Central Avenue pada awal Agustus lalu. Keduanya memiliki luka tembak.

Penemuan itu kemudian memicu perhatian polisi terhadap pembunuhan Mohammad Ahmadi pada 7 November 2021, seorang pria Muslim dari Afghanistan yang terbunuh di San Mateo Boulevard.

Pembunuhan Mohammad Ahmadi, 62, Muhammad Afzaal Hussain, 27, Aftab Hussein, 41, dan Naeem Hussain, 25, semuanya memiliki satu kesamaan: para korban semuanya Muslim dan keturunan Asia Selatan, menurut polisi Albuquerque.

Polisi telah merilis pamflet yang menunjukkan kendaraan yang 'mencurigakan' yang terkait dengan pembunuhan keempat pria itu. Namun masih belum jelas siapa pemilik mobil tersebut, atau bagaimana kemungkinan mereka terkait dengan serangan tersebut.

Departemen Polisi Albuquerque (APD) akan meningkatkan patroli terutama di wilayah-wilayah yang rawan.

Beberapa organisasi yang turut berduka atas peristiwa pembunuhan ini menyediakan hadiah uang tunai untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapan dalam kasus ini.

Presiden AS Joe Biden telah mengeluarkan pidato duka citanya terhadap peristiwa itu, mengaku sangat bersedih, marah, dan terluka. Ia meminta aparat segera menemukan pelakunya.

“Sementara kami menunggu penyelidikan penuh, doa saya bersama keluarga korban, dan pemerintahan saya mendukung komunitas Muslim,” kata Biden dalam sebuah posting Twitter. “Serangan kebencian ini tidak memiliki tempat di Amerika.” rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA