Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terinjak-injak Saat Akan Ziarah, Tiga Jamaah Kuil Hindu di India Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 06:58 WIB
Terinjak-injak Saat Akan Ziarah, Tiga Jamaah Kuil Hindu di India Tewas
Antrian masuk di kuil Khatu Shyam/Net
Tiga orang, yang kesemuanya adalah perempuan, dilaporkan tewas dan beberapa peziarah terluka parah akibat terinjak-injak di sebuah kuil Hindu yang terkenal di Rajasthan, India barat, Senin (8/8) waktu setempat.

Insiden bermula saat terjadi kekacauan di pintu masuk Khatu Shyam, sebuah kuil Dewa Krishna, di Sikar, ketika para peziarah berdesak-desakan masuk setelah pintu kuil dibuka untuk pekan raya bulanan di pagi hari.

“Ada antrian panjang di luar kuil karena umat menunggu di luar pintu masuk,” kata Kunwar Rashtradeep, inspektur polisi di Sikar, seperti dikutip dari AFP.

"Saat gerbang dibuka, orang-orang masuk dengan berdesak-desakan," ujarnya.

Seorang wanita (63) dengan riwayat sakit jantung, pingsan di antara desak-desakan orang yang berebut masuk. Dua dua wanita lagi di belakangnya, ikut terjatuh dan meninggal karena terinjak-injak.

"Tiga lainnya terluka parah dan dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk perawatan," kata Rashtradeep, sementara beberapa orang lainnya kemudian dipulangkan setelah menjalani perawatan di sebuah pusat kesehatan di dekat kuil.

Jemaah dari berbagai provinsi mengunjungi kuil dalam jumlah besar setiap tahun, terutama di saat umat Hindu sedang merayakan bulan suci.

Pengunjung sering menunggu dalam antrian panjang di luar kuil semalaman untuk melihat sekilas dewa di pagi hari. Antrian ini bisa memanjang hingga beberapa kilometer.

Perdana Menteri Narendra Modi ikut berduka atas insiden tersebut dan berdoa untuk pemulihan mereka yang terluka.

Peristiwa jamaah terinjak-injak di tempat-tempat keagamaan India bukan lagi cerita baru, karena ribuan jemaah sering berkumpul di tempat-tempat suci dengan sistim keamanan yang kurang.

Dua belas peziarah tewas dan lebih dari selusin terluka dalam penyerbuan di kuil Mata Vaishno Devi di utara Kota Jammu pada Januari tahun ini.  Pada Mei, 17 orang terluka setelah terinjak-injak saat pembagian kelapa pada sebuah program keagamaan di distrik Sagar, Madhya Pradesh.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA