Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pemerintah Militer Chad dan Kelompok Oposisi Tanda Tangani Perjanjian Damai di Qatar

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 08:06 WIB
Pemerintah Militer Chad dan Kelompok Oposisi Tanda Tangani Perjanjian Damai di Qatar
Otoritas militer transisi Chad dan kelompok oposisi menghadiri penandatanganan perjanjian untuk dialog nasional di Hotel Sheraton di Doha, Qatar pada Senin (8/8)/Net
Perjanjian damai telah disepakati oleh pemerintah militer Chad dengan 40 kelompok oposisi sebagai langkah awal untuk dialog rekonsiliasi nasional yang akan dimediatori Qatar.

Kesepakatan yang digelar di Doha Qatar pada Senin (8/8) menjadi tidak lengkap karena kelompok pemberontak utama negara Afrika Tengah itu menolak untuk ambil bagian.
 
Seperti dikutip dari Al-Jazeera, sejak bulan Maret Qatar telah menjadi penengah antara kelompok oposisi dan pemerintah militer Mahamat Idriss Deby Itno yang menjabat setelah ayahnya meninggal dalam pertempuran dengan pemberontak tahun lalu.

Tetapi Front for Change and Concord in Chad (FACT) atau kelompok pemberontak utama, mengungkapan penolakannya untuk menandatangani kesepakatan dan menuntut sebuah komite baru untuk mengatur pembicaraan serta pembebasan tahanan pemberontak dari penjara pemerintah.

Kementerian luar negeri Qatar mengatakan tindak lanjut dari perjanjian damai adalah pembicaraan rekonsiliasi nasional yang inklusif dan akan diselenggarakan di ibukota Chad, N'Djamena pada 20 Agustus mendatang.

Pemerintah Chad mengatakan lebih dari 1.300 perwakilan kelompok pemberontak, masyarakat sipil, serikat pekerja, partai politik dan pejabat pemerintah akan menghadiri pembicaraan N'Djamena.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA