Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Xi Jinping Sampaikan Duka Cita atas Kebakaran Tangki Minyak Mentah Kuba, Siapkan Bantuan Kemanusiaan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 08:23 WIB
Xi Jinping Sampaikan Duka Cita atas Kebakaran Tangki Minyak Mentah Kuba, Siapkan Bantuan Kemanusiaan
Kebakaran di fasilitas penyimpanan bahan bakar di Matanzas, Kuba, Jumat 5 Agustus 2022/Net
Peristiwa kebakaran skala besar dalam serangkaian ledakan di fasilitas penyimpanan bahan bakar di Matanzas, Kuba, menuai simpati dari Presiden China Xi Jinping.

Lewat sebuah surat Xi menyatakan belasungkawa yang mendalam atas nama pemerintahnya dan rakyat Tiongkok kepada anggota keluarga yang meninggal, yang hilang dan terluka.

Dia juga meratifikasi kesediaan Beijing untuk membantu Kuba dalam menghadapi tragedi ini.

Prensa Latina dalam laporannya Senin (8/8) mencatat pernyataan Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin yang mengkonfirmasi bahwa Beijing akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Kuba melalui Palang Merahnya.

Wang menunjukkan bahwa kedua negara adalah teman dan saudara yang baik, mengungkapkan solidaritas dengan rakyat dan pemerintah pulau itu.

Selain Wang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China lainnya, Hua Chunying, juga ikut menyampaikan simpati atas insiden tersebut, menggambarkannya sebagai peristiwa yang menyakitkan.

Kebakaran dimulai pada Jumat sore (5/8) di mana petir menyambar salah satu tangki minyak mentah raksasa dan melepaskan api di pangkalan supertanker di zona industri Matanzas. Situasi semakin kompleks dan sejauh ini dilaporkan sedikitnya satu orang tewas, 125 luka-luka dan 16 petugas pemadam kebakaran hilang, serta ribuan orang dievakuasi.

Sejumlah bantuan internasional telah datang, termasuk tim spesialis dari Meksiko dan Venezuela, sementara Rusia, Nikaragua, Argentina dan Chili juga telah menawarkan bantuan untuk mengatasi kebakaran tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA