Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Zelensky: Orang Rusia Harus Hidup di Dunia Mereka Sendiri Sampai Mereka Mengubah Filosofi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 10:42 WIB
Zelensky: Orang Rusia Harus Hidup di Dunia Mereka Sendiri Sampai Mereka Mengubah Filosofi
Tentara Rusia meninggalkan helikopter militer selama misi di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, pada 30 Juli 2022/Net
Seruan keras agar Barat 'memusuhi' Rusia disampaikan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post. Ia mendesak agar Barat menutup semua akses untuk Rusia dan melarang masuk semua orang Rusia.

"Sanksi yang paling penting adalah menutup perbatasan, karena Rusia mengambil tanah orang lain," kata Zelensky seperti dikutip dari TASS, Senin (8/8).

Orang Rusia harus hidup di dunia mereka sendiri sampai mereka mengubah filosofi mereka, menurut Zelenksy. Ini termasuk mereka yang pergi meninggalkan negara itu sebagai bentuk protes atas sikap  pemerintah.

Dalam kata-katanya, Zelensky menekankan seluruh penduduk Rusia harus bertanggung jawab atas invasi ini.

"Semua orang Rusia, siapa pun (baik yang tinggal di Rusia maupun yang pergi dari Rusia setelah invasi)," tekan Zelensky.

Bagi Zelensky, warga Rusia yang telah memilih pemerintahan juga ikut bertanggung jawab.

"Penduduk memilih pemerintah ini dan mereka tidak melawannya, tidak berdebat dengannya, tidak meneriakinya (terkait invasi)!" kata Zelensky yang sangat kecewa karena sanksi yang diluncurkan Barat masih terlalu lemah.

Zelensky terus mengulang seruan agar Barat menindak Rusian dengan sanksi yang lebh berat. Ia juga meminta Barat terus mengirim persenjataan untuk 'membekali' Ukraina dalam menghadapai pasukan Rusia yang menginvansi negara itu sejak 24 Februari 2022.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA