Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tingkatkan Daya Tarik Wisata, Jammu dan Kashmir Buka Layanan Homestay di Danau Manasbal

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 13:37 WIB
Tingkatkan Daya Tarik Wisata, Jammu dan Kashmir Buka Layanan Homestay di Danau Manasbal
Danau Manasbal di Jammu dan Kashmir, India/Net
Jammu dan Kashmir (J&K) membuka layanan homestay untuk pertama kalinya di sekitar Danau Manasbal bagi wisatawan.

Sekretaris Pariwisata J&K, Sarmad Hafeez mengatakan tujuan dibukanya homestay ini untuk mempromosikan ekowisata di daerah tersebut.

"Departemen telah mengeluarkan kebijakan dan pedoman homestay dan sekarang lebih mudah untuk mendaftar. Departemen akan mendaftarkan lebih banyak homestay," kata Hafeez, seperti dimuat ANI News.

Dalam upaya meningkatkan wisatawan, Departemen Pariwisata juga menyelenggarakan festival di Danau Manasbal, meliputi promosi senin, budaya, makanan, hingga olahraga air.

“Ini membantu masyarakat di tingkat akar rumput untuk berpartisipasi secara langsung dan kami mempromosikan pariwisata berpengalaman sehingga wisatawan dapat merasakan keindahan hal-hal dan lingkungan lokal,” jelas Hafeez.

Layanan homestay di sekitar danau ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis lokal.

Masyarakat sekitar pun turut menyambut baik langkah dinas pariwisata, karena mereka mengharapkan pekerjaan melalui layanan ini.

"Ini adalah langkah yang sangat baik oleh pemerintah dan pemuda Kashmir akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan melalui layanan ini dan masalah pengangguran akan terpecahkan sampai batas tertentu," kata Musaib Ahmad, penduduk setempat.

Sementara itu pemerintah J&K menyebut  telah mengidentifikasi 75 lokasi yang belum terjamah oleh wisatawan. Mereka berencana mengambil inisiatif berbeda untuk mengembangkan area ini.

Lebih dari 79 ribu wisatawan telah mengunjungi J&K antara Oktober 2021 hingga Maret 2022, yang menunjukkan bahwa situasi ini sangat menguntungkan bagi pertumbuhan sektor pariwisata di kawasan tersebut.

ARTIKEL LAINNYA