On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

AS Gelontorkan 1 Miliar Dolar AS Bantuan Militer Tambahan untuk Ukraina

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 15:44 WIB
AS Gelontorkan 1 Miliar Dolar AS Bantuan Militer Tambahan untuk Ukraina
Ilustrasi/Net
Amerika Serikat (AS) mengumumkan kembali tambahan bantuan militer senilai 1 miliar dolar AS untuk Ukraina. Sehingga total bantuan AS untuk Ukraina sejak dilanda perang mencapai 9,1 miliar dolar AS.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Senin (8/8), Pentagon mengatakan bantuan terbaru meliputi paket senjata, termasuk rudal presisi tambahan untuk HIMARS.

"Bantuan itu juga mencakup lebih banyak surface-to-air missiles untuk pertahanan terhadap pesawat dan roket Rusia, lebih banyak roket Javelin anti-armor, dan amunisi lainnya," kata Departemen Pertahanan AS, seperti dikutip The Defense Post.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Washington berkomitmen untuk terus memberikan bantuan keamanan vital dalam mendukung pertahanan Ukraina.

Secara terpisah pada hari yang sama, Bank Dunia juga mengumumkan bantuan tambahan sebesar 4,5 miliar dolar AS untuk membantu Kyiv membayar layanan publik dan dana pensiun.

"Bantuan ekonomi ini sangat penting dalam mendukung rakyat Ukraina karena mereka mempertahankan demokrasi mereka melawan perang agresi Rusia yang tidak beralasan," kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

Bantuan ini muncul di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang hampir berlangsung enam bulan sejak 24 Februari lalu.

ARTIKEL LAINNYA