Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Semakin Kukuh, Donetsk dan Pyongyang Diskusikan Lokasi Kantor Kedutaan Masing-masing

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 16:07 WIB
Semakin Kukuh, Donetsk dan Pyongyang Diskusikan Lokasi Kantor Kedutaan Masing-masing
Pasukan milisi pro-Moskow mengibarkan bendera Republik Rakyat Luhansk (LPR) dan bendera negara Rusia, Maret 2022/Net
Republik Rakyat Donetsk (DPR) terus bergerak maju dalam membina hubungan dengan Korea Utara.

Setelah mendapat pengakuan kedaulatan dari Korea Utara, di mana perwakilan Korea Utara juga hadir saat  peresmian kantor perwakilan Donetsk di Moskow, kini Korea Utara berencana menyiapkan kedutaan besarnya untuk Donetsk.

Kementerian luar negeri Republik Rakyat Donetsk (DPR) dalam catatannya menggarisbawahi rencana kerja sama antara DPR dan Korea Utara. Untuk itu dibutuhkan segera kantor kedutaan untuk memudahkan kerja sama antara keduanya.

Saat ini, DPR dan Korea Utara saat ini sedang memilih lokasi untuk kedutaan di kedua negara. Hal itu disampaikan oleh pemimpin DPR Denis Pushilin, pada Selasa (9/8) seperti dilaporkan TASS.

"Kami telah bertukar catatan, hubungan diplomatik sedang dibangun menyusul pengakuan atas kedaulatan. Kementerian Luar Negeri bekerja melalui semua poin ini," kata Pushilin, dalam siaran TV Solovyov.

Korea Utara menjadi negara kelima yang mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka.

Ossetia Selatan adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, ini terjadi pada tahun 2014.

Dilanjutkan dengan Rusia pada 24 Februari 2022, lalu sehari kemudian Abkhazia pada 25 Februari 2022. Pada tanggal 29 Juni, Suriah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan Republik Rakyat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA