Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

China dan Taiwan Memanas, Partai Oposisi Kuomintang Tetap Nekat Kirim Delegasi ke Beijing

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 10 Agustus 2022, 07:06 WIB
China dan Taiwan Memanas, Partai Oposisi Kuomintang Tetap Nekat Kirim Delegasi ke Beijing
Ilustrasi/Net
Di tengah memanasnya situasi antara China dan Taiwan, pihak oposisi Partai Kuomintang (KMT) tetap memutuskan untuk mengirim wakil ketuanya, Andrew Hsia ke Beijing.

Kepergian Hsia ke Beijing disesalkan Mainland Affairs Council (MAC). Mereka menilai kunjungan mantan menteri itu tidak tepat saat ini, di saat China tengah melakukan latihan militer di Selat.  Pihaknya juga telah mencoba membujuk KMT untuk membatalkannya, tetapi tampaknya upaya mereka sia-sia.

Menurut laporan Taiwan News, Hsia dijadwalkan naik penerbangan ke Xiamen di Provinsi Fujian pada Rabu pagi (10/8) waktu setempat, dan kemungkinan akan bertemu dengan dua pejabat tinggi China, yaitu Kepala Kantor Urusan Taiwan (TAO), Liu Jieyi, dan kepala Asosiasi Hubungan Lintas Selat Taiwan (ARATS) Zhang Zhijun, selama perjalanannya.

Pejabat KMT itu dilaporkan akan tinggal di China hingga 27 Agustus, sambil juga bertemu dengan pebisnis Taiwan.

Rencana perjalanan Hsia bocor bahkan sebelum ia naik penerbangan.

Hsia pensiun dari kabinet lebih dari lima tahun yang lalu, jadi mestinya dia tidak lagi diharuskan meminta izin pemerintah untuk mengunjungi China, tetapi ternyata ia masih diwajibkan melaporkan perjalanan tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA