On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PM Kurti: Perang Rusia Vs Ukraina Picu Api Ketegangan Kosovo dan Serbia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 10 Agustus 2022, 09:12 WIB
PM Kurti: Perang Rusia Vs Ukraina Picu Api Ketegangan Kosovo dan Serbia
Perdana Menteri Kosovo, Albin Kurti/Net
Risiko ketegangan baru antara Kosovo dan Serbia dalam beberapa pekan terakhir menjadi lebih tinggi akibat perubahan situasi di kedua negara setelah meletusnya perang Ukraina.

"Kosovo dan Serbia akan berada pada risiko tinggi kemunculan konflik baru terutama setelah dunia melihat apa yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina," kata Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti dalam sebuah wawancara dengan harian Italia, La Repubblica, pada Selasa (9/8).

Kurti menuding Rusia sebagai dalang di balik ketegangan yang mereka alami dengan Serbia. Padahal sebelum perang Ukraina berlangsung, pontensi hadirnya konflik baru antara Kosovo dan Serbia cenderung minim.

PM Kosovo tersebut berharap agar pertemuannya dengan Serbia di Brussels pada pekan depan dapat membantu mengurangi ketegangan.

Seperti dikutip dari Anadolu News, konflik antara Kosovo dan Serbia meningkat pada akhir Juli menjelang implementasi RUU baru Kosovo yang mewajibkan semua orang, termasuk orang Serbia yang tinggal di Kosovo, untuk memiliki kartu identitas dan plat nomor Kosovo.

Tetapi, Kosovo akhirnya memutuskan untuk menunda pelaksanaan aturan tersebut hingga 1 September mendatang demi menurunkan ketegangan.  

Kosovo yang sebagian besar dihuni oleh orang Albania, telah memisahkan diri dari Serbia pada 1999 dan berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya pada 2008.

Kemerdekaan Kosovo diakui oleh lebih dari 100 negara, termasuk AS, Inggris, Prancis, Jerman, dan Türkiye. Namun, Serbia sendiri belum mengakui dan terus mengklaim wilayah tersebut menjadi miliknya.

ARTIKEL LAINNYA