Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bertemu Menlu Ukraina, Jaishankar Janjikan Bantuan Kemanusiaan India untuk Kyiv

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 11:54 WIB
Bertemu Menlu Ukraina, Jaishankar Janjikan Bantuan Kemanusiaan India untuk Kyiv
Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar/Net
India berkomitmen untuk terus membantu Ukraina, dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan. New Delhi juga berjanji untuk mengirim tahap bantuan baru ke Kyiv dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar ketika melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Senin (8/8).

Kedua menlu membahas perkembangan terakhir di Ukraina dan dampak global mereka.

"Menghargai percakapan hari ini dengan Menlu Dmytro Kuleba dari Ukraina. Membahas perkembangan terakhir dalam konflik dan dampak globalnya yang berkelanjutan. Menjamin bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan India berikutnya akan segera tercapai," kata Jaishankar.

Dimuat ANI News, sejak awal perang di Ukraina, India secara konsisten menyerukan penghentian segera permusuhan dan diakhirinya kekerasan.

India telah meminta kedua belah pihak untuk kembali ke jalur diplomasi dan dialog, dan juga menyatakan dukungannya untuk semua upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik.

Sejak 13 Mei, Kedutaan Besar India di Ukraina untuk sementara dipindahkan ke Warsawa. Namun terhitung mulai 17 Mei, Kedutaan Besar India di Ukraina telah beroperasi penuh meskipun dengan kekuatannya berkurang.

India mengirim bantuan kemanusiaan tahap pertama ke Ukraina pada 1 Maret. Kiriman tersebut terdiri dari dua ton bantuan kemanusiaan termasuk tenda, selimut, sarung tangan bedah, alat pelindung mata, tangki penyimpanan air, alas tidur, terpal dan obat-obatan dan bahan bantuan lainnya.

Pada Mei, India menyerahkan 7.725 kg bantuan kemanusiaan yang terdiri dari obat-obatan esensial dan peralatan medis ke Ukraina.

ARTIKEL LAINNYA