Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Demi Kemanusiaan, Prayut Ijinkan Rajapaksa Tinggal di Thailand untuk Sementara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 13:07 WIB
Demi Kemanusiaan, Prayut Ijinkan Rajapaksa Tinggal di Thailand untuk Sementara
Gotabaya Rajapaksa/Net
Pelarian Presiden Sri Lanka yang digulingkan Gotabaya Rajapaksa terus berlanjut. Setelah tinggal di Singapura ia dikabarkan akan pindah ke Thailand untuk sementara sambil mencari suaka permanen di negara lain.

Kabar tersebut sudah dikonfirmasi Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha pada Rabu (10/8) waktu setempat.

Prayut mengatakan, kunjungan sementara ke Thailand oleh Rajapaksa untuk alasan kemanusiaan, dan mengatakan dia berjanji untuk tidak melakukan kegiatan politik di kerajaan selama mencari negara ketiga yang akan menawarkan perlindungan permanen kepadanya

"Ini adalah masalah kemanusiaan. Kami telah berjanji bahwa ini adalah tempat tinggal sementara. Tidak ada kegiatan (politik) yang diizinkan, dan ini akan membantunya menemukan negara untuk berlindung," kata Prayut, seperti dikutip dari Bangkok Post, Kamis (11/8).

Reuters melaporkan sebelumnya bahwa dia akan tiba pada hari Kamis dari Singapura.

Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai mengatakan presiden yang digulingkan itu dapat tinggal di Thailand selama 90 hari karena dia masih menjadi pemegang paspor diplomatik.

Don mengatakan pemerintah Sri Lanka tidak menentang kunjungan tersebut dan pemerintah Thailand tidak akan mengatur akomodasi untuknya.  

"Kunjungan itu tidak akan menimbulkan konflik dengan Kolombo karena penjabat Presiden Ranil Wickremesinghe telah bekerja untuknya ketika dia berkuasa," katanya.

Rajapaksa melarikan diri dari negaranya di tengah protes besar-besaran akibat multi krisis yang melanda Sri Lanka.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA