Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jokowi Kemungkinan Tak Bisa Penuhi Undangan Ukraina ke Crimea Platform Summit

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 17:34 WIB
Jokowi Kemungkinan Tak Bisa Penuhi Undangan Ukraina ke Crimea Platform Summit
Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
Presiden Joko Widodo kemungkinan tidak dapat memenuhi undangan pemerintah Ukraina untuk menghadiri Crimea Platform Summit pada 23 Agustus mendatang karena bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus.

Selain presiden, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga diperkirakan tidak akan hadir karena rangkaian perayaan HUT RI.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengatakan pihaknya belum mendapatkan konfirmasi kehadiran Jokowi dan Retno untuk kegiatan tersebut.

"Namun dapat saya pastikan kita sedang menghadapi bulan HUT RI, dengan berbagai rangkaian kegiatan kenegaraan yang berlangsung dalam kurun waktu tersebut," ujar jurubicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah dalam press briefing virtual pada Kamis (11/8).

Crimea Platform Summit merupakan inisiatif Ukraina untuk mendapat dukungan dan perhatian internasional atas aneksasi yang dilakukan Rusia pada Semenanjung Krimea pada 2014.

Undangan untuk presiden dan menlu disampaikan oleh Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin. Ia mengatakan Crimea Platform Summit tahun ini akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin dunia secara daring atau virtual, dan ada beberapa yang hadir secara fisik.

Tahun lalu, pertemuan ini dihadiri oleh pejabat dari 46 negara, termasuk perwakilan dari 30 negara NATO.

ARTIKEL LAINNYA