Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rusia Pasok Kembali Minyak ke Slovakia dan Hongaria, tapi Impor ke Ceko Masih Dihentikan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 22:11 WIB
Rusia Pasok Kembali Minyak ke Slovakia dan Hongaria, tapi Impor ke Ceko Masih Dihentikan
Pipa Druzhba/Net
Transfer minyak Rusia melalui Pipa Druzhba ke Slovakia dan Hongaria akan dilanjutkan kembali setelah Slovnaft dan Grup MOL membayar biaya transit ke Ukraina untuk distribusi minyak dari Rusia.

Namun, impor minyak untuk Ceko masih dihentikan sejak perusahan minyak Rusia Transneft terpaksa menyetop aliran minyak dan menyalahkan sanksi barat karena berimbas pada pemblokiran pembayaran transit.

Slovnaft dan perusahaan induknya Hungarian MOL Group pada hari Selasa (9/8) mengumumkan pihaknya telah memulai pembicaraan dan melakukan pembayaran kepada operator Ukraina Ukrtransnafta dan pembayaran tersebut terkonfirmasi pada Rabu (10/8).

Juru bicara perusahan pipa minyak Rusia Transneft, Igor Dyomin mengatakan mulai kembali memompa minyak melalui cabang selatan pipa Druzhba pada Kamis (11/8), setelah sehari sebelumnya sempat ditutup sementara akibat perselisihan pembayaran dengan Ukrtransnafta.

Di sisi lain, pasokan minyak ke Ceko masih belum dilanjutkan karena adanya gangguan impor akibat sanksi. Meski begitu, Ceko tetap dapat memperoleh pasokan alternatif dari Polandia dan pipa TAL pelabuhan Trieste di Italia.

Uni Eropa setuju untuk menghentikan impor minyak Rusia pada 5 Desember 2022, tetapi Ceko, Hongaria, dan Slovakia dibebaskan dari embargo tersebut karena keterbatasan mereka untuk menemukan alternatif impor selain dari Rusia.

ARTIKEL LAINNYA