Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinilai Semakin Agresif di Kawasan, Inggris Panggil Dubes China Zheng Zeguang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 07:47 WIB
Dinilai Semakin Agresif di Kawasan, Inggris Panggil Dubes China Zheng Zeguang
Menteri Luar Negeri Liz Truss/Net
rmol news logo Sikap Beijing yang dinilai semakin agresif di kawasan menjadi perhatian pemerintah Inggris. Menteri Luar Negeri Liz Truss bahkan memanggil duta besar China Zheng Zeguang untuk menjelaskan tindakan pemerintahnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Saya menginstruksikan pejabat untuk memanggil duta besar China untuk menjelaskan tindakan negaranya," kata Truss, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (11/8).

"Kami telah melihat perilaku dan retorika yang semakin agresif dari Beijing dalam beberapa bulan terakhir, yang mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," ujarnya.

Truss mengatakan Inggris dan mitranya telah mengutuk eskalasi China di wilayah sekitar Taiwan, seperti yang terlihat melalui pernyataan G7 baru-baru ini. Dia juga mendesak Beijing untuk menyelesaikan setiap perbedaan dengan cara damai.

Setelah berhari-hari latihan militer besar-besaran, yang dimulai pada 4 Agustus, China mengumumkan mengumumkan penghentian operasinya di sekitar Taiwan pada Rabu, tetapi mengatakan pelatihan dan persiapan perang lebih lanjut akan diteruskan.

China telah memberlakukan sanksi terhadap Nancy Pelosi dan menghentikan beberapa kerja sama penting dengan Washington setelah ketua DPR AS itu menginjakkan kakinya di Taiwan pekan lalu.

China telah lama mengklaim kedaulatan Taiwan. Beijing menegaskan "prinsip satu-China" akan melarang sebagian besar pejabat pemerintah asing yang sedang berkuasa menginjakkan kaki di pulau itu.

Zheng pekan lalu juga memperingatkan anggota parlemen senior Inggris agar tidak mengunjungi Taiwan.

Hubungan bilateral antara Inggris dan China telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA