Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jerman Tolak Seruan Uni Eropa yang Melarang Visa untuk Turis Rusia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 07:56 WIB
Jerman Tolak Seruan Uni Eropa yang Melarang Visa untuk Turis Rusia
Kanselir Jerman Olaf Scholz/Net
Jerman dengan tegas menolak seruan Uni Eropa untuk melarang pengeluaran visa bagi warga Rusia karena menganggap aturan tersebut keterlaluan dan merugikan orang yang tidak bersalah.

Seperti dikutip dari Anadolu News, Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam konferensi pers di Berlin pada Kamis (10/8), menekankan sanksi yang diberikan haruslah menargetkan Presiden Putin dan mereka yang bertanggung jawab atas perang di Ukraina.

“Kami telah mengadopsi sanksi konkret untuk menghadapi pejabat Rusia yang andil dalam perang. Tetapi jika kita sekarang memperluas langkah secara umum, termasuk orang-orang yang benar-benar tidak bersalah, maka sanksi tidak akan efektif," jelasnya.

Awal pekan ini, Finlandia dan Estonia meminta anggota Uni Eropa lainnya untuk berhenti mengeluarkan visa turis kepada warga Rusia, sebagai tanggapan atas perang di Ukraina.

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dalam cuitannya pada hari Selasa (9/8) mengatakan bahwa mengunjungi eropa adalah hak istimewa, bukan hak asasi manusia. Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri pariwisata dari Rusia.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto juga berencana untuk memperketat aturan visa bagi warga negara Rusia, dan akan mengangkat masalah tersebut selama pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa yang dijadwalkan akhir bulan ini.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA