Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinggalkan Singapura, Rajapaksa Tiba di Thailand

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 08:07 WIB
Tinggalkan Singapura, Rajapaksa Tiba di Thailand
Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa bersiap memasuki mobil setelah tiba di Bandara Don Mueang pada Kamis malam/Net
rmol news logo Setelah hampir sebulan meninggalkan negaranya dan berdiam di Singapura, mantan presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, melanjutkan pelariannya ke Thailand. Ia tiba di bangkok pada Kamis malam (11/8) waktu setempat.

Bangkok Post melaporkan, Rajapaksa tiba di Bandara Don Mueang sekitar pukul 8 malam menggunakan pesawat sewaan dari Bandara Seletar di Singapura. Dia tiba pada hari yang sama saat visanya di Singapura habis masa berlakunya.

Rajapaksa diperkirakan akan tinggal sementara di Thailand dan tidak berniat mencari suaka politik.

"Ini adalah masalah kemanusiaan dan ada kesepakatan bahwa ini adalah tempat tinggal sementara," kata Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha kepada wartawan sebelum kedatangan Rajapaksa.

Prayut juga mengatakan bahwa Rajapaksa tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan politik apa pun selama berada di Thailand.

Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai mengatakan pemerintah Sri Lanka saat ini mendukung perjalanan Rajapaksa ke Thailand, menambahkan bahwa paspor diplomatik mantan presiden akan memungkinkan dia untuk tinggal hingga 90 hari.

Sumber itu mengatakan Rajapaksa merencanakan kunjungan singkat di Thailand dan akan kembali ke Singapura.

Orang kepercayaan Rajapaksa itu mengatakan kepada AFP bahwa mantan pemimpin itu sebenarnya ingin pulang ke Sri Lanka karena protes terhadap pemerintahannya telah mereda, tetapi penggantinya Ranil Wickremesinghe telah menasihatinya agar tidak kembali lebih awal.

Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka ke Singapura pada 14 Juli di tengah kerusuhan publik yang berkepanjangan atas krisis ekonomi terburuk negara itu dalam beberapa dekade.  

Dia mengundurkan diri dari jabatannya tak lama setelah tiba di negara kota itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA