Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikritik Soal Sikap Tegasnya ke Taiwan, China Sentil London: Jika Skotlandia Ingin Memisahkan Diri Apakah Inggris Akan Tetap Tenang?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 12:09 WIB
Dikritik Soal Sikap Tegasnya ke Taiwan, China Sentil London: Jika Skotlandia Ingin Memisahkan Diri Apakah Inggris Akan Tetap Tenang?
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tindakan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengundang Duta Besar China Zheng Zeguang mendapat tanggapan serius dari Beijing.

Truss memanggil Duta Besar China untuk Inggris atas eskalasi agresif Beijing terhadap Taiwan, dan mengklaim bahwa perilaku dan retorika yang semakin agresif dari Beijing mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Sebagai tanggapan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan pada media briefing Kamis (11/8) bahwa China sangat tidak puas dan dengan tegas menentang hal ini dan telah mengajukan protes dengan Inggris.

"Jika Skotlandia berkolusi dengan kekuatan eksternal dan memisahkan diri dari Inggris, apakah Inggris akan tetap tenang, menahan diri, duduk dan menyaksikan situasi memburuk?," tanya Wang, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (12/8).

Duta Besar Zheng Zeguang sekali lagi telah mengajukan perwakilan serius ke pihak Inggris atas pernyataan dan tindakan yang salah yang terakhir mengenai masalah Taiwan dan dengan tegas membantah tuduhan nakalnya pada hari Rabu selama pertemuannya dengan pejabat senior Inggris.  

Sementara itu Zheng selama pertemuannya dengan pejabat senior Inggris pada Rabu (10/8) menekankan bahwa berbicara tentang membantu Taiwan mempertahankan diri atau rencana oleh anggota parlemen untuk mengunjungi Taiwan, keduanya merupakan pelanggaran serius terhadap prinsip satu-China dan Komunike Pemerintah Republik Rakyat China dan Kerajaan Inggris.

"Mereka pasti akan menyebabkan konsekuensi yang parah bagi hubungan China-Inggris dan pihak Inggris mengetahui hal ini dengan sangat baik," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA