Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pulihkan Hubungan, Venezuela dan Kolombia Kembali Tunjuk Duta Besar Baru

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 12:19 WIB
Pulihkan Hubungan, Venezuela dan Kolombia Kembali Tunjuk Duta Besar Baru
Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Presiden Gustavo Petro/Net
Venezuela dan Kolombia bergerak membangun kembali hubungan kedua negara yang telah rusak selama tiga tahun, dengan menunjuk duta besar untuk ibu kota masing-masing.

Seperti dikutip dari Reuters, penunjukan dubes dilakukan pada Kamis (11/8), beberapa hari setelah pelantikan presiden kiri pertama Kolombia, Gustavo Petro, yang telah lama menyatakan niatnya untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan Venezuela.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menunjuk mantan menteri luar negeri Felix Plasencia, sebagai duta besar untuk Bogotta karena Felix memiliki pengalaman diplomatik yang hebat. Sementara, Presiden Petro menunjuk mantan senator Armando Benedetti, sebagai duta besar Kolombia untuk Caracas.

Presiden Maduro juga menunjuk Wakil Presiden Delcy Rodriguez untuk merancang rencana pembukaan kembali perbatasan Venezuela dengan Kolombia dalam upaya meningkatkan perdagangan dan investasi antar negara tetangga.

Pada awal tahun 2019, Caracas memutuskan hubungan dengan Bogota setelah anggota oposisi Venezuela mencoba menyeberang dari wilayah Kolombia dengan truk yang memuat makanan dan obat-obatan.

Pemerintah Maduro mengklaim bahwa bantuan tersebut dilakukan oleh pihak oposisi untuk menutupi kedok kudeta terhadap dirinya yang mendapat dukungan dari Amarika Serikat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA