Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Jadi Target Serangan, Zelensky Desak Dunia Kecam Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 18:12 WIB
Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Jadi Target Serangan, Zelensky Desak Dunia Kecam Rusia
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam serangan Rusia di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia karena mengancam keamanan seluruh dunia.

Dalam pernyataannya pada Kamis (11/8), Zelensky mendesak agar dunia bereaksi atas serangan yang dilakukan oleh Rusia.

"Semua orang di dunia harus segera bereaksi untuk mengusir penjajah dari wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia. Ini adalah kepentingan global, bukan hanya kebutuhan Ukraina,” tegasnya, seperti dikutip VOA News.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menekankan fasilitas nuklir tidak boleh digunakan sebagai bagian dari operasi militer apa pun. Tetapi, dalam keadaan mendesak diperlukan kesepakatan zona demiliterisasi untuk memastikan keamanan daerah tersebut.

Kepala nuklir PBB Rafael Grossi mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa aktivitas militer di sekitar Zaporizhzhia sangat mengkhawatirkan.

Lebih lanjut, Grossi meminta kedua negara segera mengizinkan para ahli nuklir untuk menilai kerusakan serta mengevaluasi keselamatan dan keamanan di kompleks tersebut.

Menurut Badan Energi Atom Ukraina, kompleks nuklir Zaporizhzhia telah dihantam sebanyak lima kali pada Kamis (11/8), termasuk di dekat tempat penyimpanan bahan radioaktif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA