Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Meriahkan HUT ke-77 RI, KBRI Moskow Gelar Pameran Batik di Rusia

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 13 Agustus 2022, 08:39 WIB
Meriahkan HUT ke-77 RI, KBRI Moskow Gelar Pameran Batik di Rusia
Dutabesar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares memberi sambutan pada pembukaan pameran "Seni Batik Indonesia"/Ist
Pameran batik Indonesia digelar KBRI Moskow dan Galeri Davydkovo mengusung tema "Seni Batik Indonesia" selama 10 Agustus hingga 4 September 2022 di Moskow, Rusia. Pameran ini dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Pameran dibuka 10 Agustus 2022 oleh Dutabesar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares dengan didampingi Direktur Galeri Davydkovo, Eva Maria Koka.

"Pameran 'Seni Batik Indonesia' di Galeri Davydkovo tidak hanya meningkatkan promosi budaya Indonesia di Rusia, tetapi juga semakin mempererat hubungan people to people antara masyarakat kedua negara," kata Dubes Tavares dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/8).

Dubes Tavares menjelaskan, teknik dan seni membatik telah ada di Indonesia sejak abad ke-18 dan saat ini telah menjadi kekayaan budaya untuk dunia.

Ia pun mendorong friends of Indonesia di Rusia, khususnya pemerhati dan pecinta seni budaya Indonesia untuk mengenal lebih jauh tentang batik dan kekayaan seni yang terkandung di dalamnya.

"Tentunya dengan berkunjung ke Indonesia, ke daerah-daerah yang menjadi pusat perkembangan seni dan industri batik, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (Solo dan Pekalongan)," paparnya.

Pameran tersebut menampilkan 34 kain batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, ada juga koleksi wayang Indonesia yang memakai pakaian batik dan foto-foto mengenai sejarah dan proses membatik di Indonesia.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA