Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN Day ke-55 di Budapest, Wujud Ikatan Kuat Negara ASEAN di Hongaria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Agustus 2022, 13:15 WIB
rmol news logo Setelah selama dua tahun terkendala pandemi Covid-19, akhirnya ASEAN Day bisa kembali diselenggarakan. KBRI Hongaria di Budapest yang didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Day ke-55 ini, menyambut gembira penunjukkan itu dan mengapresiasinya dengan menata pertemuan pada 10 Agustus lalu dengan sedemikian baik.

Sekitar 90-an tamu hadir dalam acara itu yang terdiri dari perwakilan negara ASEAN di Hongaria, yaitu Malaysia, Filipina, Thailand, dan Viet Nam. Ada juga perwakilan sektor pemerintah dan swasta Hongaria, kalangan dunia usaha, serta media.

Perayaan yang mengambil tema “Stronger Together” ini juga patut diapresiasi karena dipersiapkan secara gotong royong oleh 5 perwakilan negara ASEAN di Hongaria yang mencerminkan eratnya kekeluargaan dan kerjasama negara-negara ASEAN di Hongaria.

Dubes RI, Y.M. A.H. Dimas Wahab menyampaikan sambutan dilanjutkan oleh pidato dari Dubes Filipina, Y.M. Frank R. Cimafranca mewakili Ketua ASEAN.

Hadir sebagai tamu kehormatan Y.M. Ádám Stifter, Deputy State Secretary for Development of Eastern Relations, Ministry of Foreign Affairs and Trade of Hungary.
    
Adam Stifter menggarisbawahi pencapaian ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas serta percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan. Ia juga meyakini pentingnya kerjasama multilateral dan regional yang telah berlangsung lama dengan organisasi regional seperti ASEAN dalam kebijakan luar negeri Hongaria.

Ia juga mencatat bahwa Hongaria mendukung prinsip sentralitas ASEAN dan perannya dalam arsitektur regional, serta berharap dapat membangun kemitraan yang bermanfaat dengan negara-negara yang memiliki nilai yang sama dan lebih memperluas kerjasama dengan negara-negara ASEAN di berbagai bidang seperti perdagangan, pendidikan, pasokan air.

ASEAN Day ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. Para undangan dimanjakan dengan sajian kuliner negara-negara ASEAN yang ada di Hongaria. Indonesia secara khusus menyiapkan sate, lontong dan berbagai penganan seperti risoles, dadar gulung dan kue sus.  Tidak ketinggalan, kopi khas Indonesia disajikan pula oleh Indonesian Trade Promotion Center Budapest pada acara tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA