Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

FDA: Perlu Tiga Kali Tes Antigen Berkala untuk Orang Tanpa Gejala

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 14 Agustus 2022, 07:09 WIB
FDA: Perlu Tiga Kali Tes Antigen Berkala untuk Orang Tanpa Gejala
Ilustrasi/Net
Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi baru terkait tes Covid-19 bagi orang tanpa gejala.

Mereka yang tidak memiliki gejala dianjurkan untuk melakukan setidaknya tiga kali tes antigen Covid-19 di rumah, yang masing-masing berjarak 48 jam, untuk mengurangi kemungkinan kehilangan infeksi.

Pedoman baru ini didasarkan pada hasil studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di University of Massachusetts Chan Medical School.

Studi yang belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ini berfokus pada 154 orang yang dites positif terkena virus menggunakan tes PCR antara Oktober dan Februari.

Ditemukan bahwa di antara orang yang bergejala, dua tes yang dilakukan secara terpisah selama 48 jam mendeteksi 93 persen infeksi.

Tetapi pola pengujian yang sama pada orang tanpa gejala mendeteksi hanya 63 persen infeksi. Ketika orang tanpa gejala mengambil tiga kali tes setiap dua hari terpisah, tes menangkap sekitar 79 persen infeksi.

“Kami memberikan bukti berbasis data tentang cara menguji saat menggunakan tes antigen cepat,” kata asisten profesor di UMass Chan Medical School, Dr Apurv Soni.

Menurut studi, virus membutuhkan waktu dua hari untuk dapat terdeteksi, dan terkadang butuh enam hari untuk tumbuh.

Para ahli telah lama mencatat bahwa tes antigen cepat kurang sensitif daripada tes PCR, karena tes ini dirancang untuk digunakan secara serial dan kemungkinan besar mereka baru mendeteksi virus Covid ketika orang menggunakannya berulang kali selama beberapa hari.

ARTIKEL LAINNYA