Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puluhan Ton Ikan di Sepanjang Sungai Oder Eropa Mati, Penyebabnya Masih Misterius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 14 Agustus 2022, 14:54 WIB
Puluhan Ton Ikan di Sepanjang Sungai Oder Eropa Mati, Penyebabnya Masih Misterius
Puluhan ton ikan mati di sepanjang sungai Oder di Eropa pada Kamis (11/8)/Net
rmol news logo Kematian misterius dari ppuluhan ton ikan di sejumlah negara di Eropa masih belum diketahui. Otoritas Polandia sendiri masih melakukan pengecekan di laboratorium.

Otoritas Perairan Nasional Polandia di Sungai Oder pada Kamis (11/8) melaporkan kematian dari puluhan ton ikan, seperti dimuat Nine News.

Menteri Lingkungan Polandia, Anna Moskwa pada Minggu (14/8) mengatakan hasil tes laboratorium mendeteksi tingkat salinitas yang tinggi tetapi tidak menemukan merkuri yang meracuni perairannya.

Moskwa menyebut sampel sungai yang diambil di Polandia dan Jerman mengungkapkan adanya peningkatan kadar garam. Kemudian dari tujuh sampel spesies ikan mati tidak terkontaminasi oleh merkuri, tetapi masih menunggu hasil dari zat lain.

Sungai Oder mengalir dari Ceko ke perbatasan antara Polandia dan Jerman sebelum mengalir ke Laut Baltik.

Beberapa media Jerman menyatakan sungai telah diracuni dengan merkuri, namun nyatanya hasil lab tidak menemukan kandungan merkuri yang begitu tinggi hingga bisa menyebabkan puluhan ton kematian.  

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Jumat (13/8) mengatakan limbah kimia dalam jumlah besar mungkin sengaja dibuang ke sungai terpanjang kedua di negaranya, hingga menyebabkan kerusakan lingkungan yang begitu parah dan butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan jalur air itu.

Morawiecki bersumpah untuk melakukan segala kemungkinan untuk membatasi kerusakan lingkungan.

Bahkan Menteri Dalam Negeri Polandia menjanjikan hadiah 309 ribu dolar AS bagi siapa saja yang membantu melacak para pelaku pencemaran sungai.
 
Sementara itu, pihak berwenang di negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania, Jerman timur laut memperingatkan orang-orang untuk tidak memancing atau menggunakan air dari laguna Szczecin, karena air sungai yang terkontaminasi diperkirakan akan mencapai daerah muara pada Sabtu malam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA