Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

India Kirim Dubes ke Afghanistan, Taliban Sambut dengan Tangan Terbuka

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 14 Agustus 2022, 21:09 WIB
India Kirim Dubes ke Afghanistan, Taliban Sambut dengan Tangan Terbuka
Taliban/Net
Setelah sempat menarik perwakilan diplomatiknya di Afghanistan pasca pengambilalihan Taliban, India kini kembali mengirimkan duta besarnya untuk Kabul.

Seperti dikutip dari The Week News pada Minggu (14/8), Kementerian Luar Negeri Afghanistan di bawah rezim Taliban menyambut baik kehadiran diplomatik India dan berjanji akan menjamin keamanan misi India di Kabul.

Dalam keterangan persnya pada Sabtu (13/8), kementerian mengatakan kehadiran diplomatik India di Afghanistan bertujuan untuk menyelesaikan proyek kerjasama yang sempat tertunda dan juga untuk memulai yang baru.

"Pemerintah Afghanistan berharap bahwa peningkatan perwakilan diplomatik dan pengiriman diplomat akan memperkuat hubungan Afghanistan-India yang mengarah pada penyelesaian proyek yang belum selesai oleh India dan dimulainya proyek vital baru," kata kementerian.

Seperti banyak negara lainnya, India telah memulangkan pejabat kedutaan setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus tahun lalu menyusul kekhawatiran atas keamanan mereka.

Namun sejak Juni lalu, India mulai membangun kembali kehadiran diplomatiknya di Kabul dengan mengerahkan tim teknis di kedutaan besarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, India juga memasok beberapa kiriman bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.  India telah mengajukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan tanpa hambatan ke Afghanistan untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di negara itu.

ARTIKEL LAINNYA