Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dihantam Topan Ekstratropis, 596 Penguin Ditemukan Mati di Pantai Brasil

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 15 Agustus 2022, 11:04 WIB
Dihantam Topan Ekstratropis, 596 Penguin Ditemukan Mati di Pantai Brasil
Penguin yang mati terdampar di Pantai Santa Catarina Brasil/Net
RMOL.  Ratusan penguin telah terdampar dan mati di pesisir pantai Santa Catarina di Brasil selatan setelah topan ekstratropis dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 100 km per jam menerjang wilayah tersebut.

Proyek Pemantauan Pantai Cekungan Santos (PMP) yang ditugaskan untuk memantau hewan laut di pantai tenggara dan selatan Brasil mengatakan terdapat 596 penguin mati telah ditemukan.

Seperti dikutip dari Xianhua pada Minggu (14/8), ahli biologi Andre Barreto, koordinator PMP Santa Catarina mengungkapkan selain pengin,  hewan-hewan lain juga ditemukan di beberapa pantai di ibu kota negara bagian Florianopolis.

"Topan ekstratropis yang bergerak melalui selatan dan tenggara Brasil telah menyebabkan sejumlah hewan laut seperti burung camar dan kura-kura juga ditemukan terdampar di pantai sejak Selasa (9/8)," ungkapnya.

Barreto menjelaskan umumnya, hewan yang muncul setelah angin topan adalah yang paling lemah. Penguin lebih sulit melarikan diri dari ombak yang kuat karena tidak seperti burung lain, ia tidak bisa terbang. Ketika muncul untuk bernapas di permukaan, ia akhirnya tenggelam di laut yang ganas.

Menurut badan meteorologi lokal Epagri, angin dengan kecepatan lebih dari 100 km per jam tercatat minggu ini antara Selasa dan Jumat di Santa Catarina.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA