On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Azadi Ka Amrit Mahotsav, Perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 di India House

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 15 Agustus 2022, 13:49 WIB
Ratusan warga India merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 di India House, Jl. Taman Suropati No.6, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin pagi (15/8).

Bendera Tiranga atau tiga warna dikibarkan oleh Duta Besar Manoj Kumar Bharti, diiringi lagu kebangsaan yang juga dinyanyikan oleh tamu yang hadir dengan khidmat di antara cuaca cerah.

Setidaknya 250 tamu undangan, meliputi komunitas India dan sahabat India berkumpul dengan semangat patriotisme, memperingati 75 tahun berakhirnya penjajahan Inggris.

India merdeka pada 15 Agustus 1947. Namun masyarakat India memperingati Hari Kemerdekaannya sejak tahun 1947, sehingga tahun ini menjadi peringatan ke-76.

Meski berada jauh dari tanah air, namun antusiasme dan semangat patriotisme warga India tidak pudar. Tampak dari pakaian tradisional yang mereka kenakan, hingga pin "Bendera Tiranga" yang disematkan di dada.

Anak-anak yang hadir juga kompak membawa bendera kecil di tangan.

"Azadi ka Amit Mahotsav" menjadi tema besar untuk perayaan tahun ini. Perdana Menteri Narendra Modi menyebutnya sebagai perayaan untuk pencapaian, perjalanan, ide, dan semangat kemerdekaan.

"Perayaan ini bukan hanya untuk (India), tetapi untuk setiap pendukung demokrasi di seluruh dunia," kata Dubes Manoj, membacakan pidato dari Presiden Droupadi Murmu.

Ia mengatakan, ketika India meraih kemerdekaan, banyak pemimpin dunia dan pakar internasional skeptis terhadap keberhasilan India membentuk pemerintahan yang demokratis.

"Tapi kami orang India membuktikan bahwa para skeptis itu salah. Demokrasi tidak hanya berakar di tanah ini, tetapi juga diperkaya," tegasnya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di India House diwarnai dengan berbagai penampilan budaya, mulai dari paduan suara hingga tarian. Paduan suara sendiri dipersembahkan oleh para siswa dari Gandhi Memorial Intercontinental School dan Rama Global School.

Setelah penampilan budaya, Dubes Manoj memberikan sertifikat penghargaan dan medali kepada para pemenang "Azadi Ka Amrit Mahotsav Quiz" yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri India.

ARTIKEL LAINNYA