On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dari Ruang Angkasa, Astronot ISS Beri Ucapan Hari Kemerdekaan untuk India

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 15 Agustus 2022, 18:01 WIB
Dari Ruang Angkasa, Astronot ISS Beri Ucapan Hari Kemerdekaan untuk India
Astronot Samantha Cristoforetti mengucapkan selamat kepada India atas perayaan kemerdekaannya pada 15 Agustus 2022/Twitter @ISRO
India menerima pesan ucapan selamat yang istimewa dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), astronot Samantha Cristoforetti mengirim ucapan selamat kepada bangsa tersebut atas kemerdekaannya yang ke-75.

Video ucapan Cristoforetti itu diunggah oleh Duta Besar India untuk Amerika Serikat (AS), Taranjit Singh Sandhu di Twitter pada Senin (15/8).

"Langit bukanlah batasnya! Salam hangat dari ISS saat #75TahunKemerdekaan. Hargai astronot Samantha atas pesan hangatnya. Kemitraan sejati antara NASA, Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), dan Badan Antariksa Eropa (ESA)," kata Sandhu.

Video menunjukkan Cristoforetti sedang berada di dalam pesawat ruang angkasa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada NASA, ESA, dan Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

"Dengan senang hati memberi selamat kepada India atas 75 tahun Kemerdekaannya," kata Cristoforetti.

Dia juga berharap organisasi India ini berhasil dengan misi "Gaganyan" untuk meluncurkan manusia ke ruang angkasa.

"Memperluas kemitraan kami dengan ISRO, dan menjelajahi alam semesta bersama adalah tujuan kita semua, untuk masa depan eksplorasi ruang angkasa," ucapnya.

Lewat misi "Gaganyan", para astronot India dikabarkan akan melewati uji coba untuk dikirim menuju ruang angkasa. Jika berhasil, India akan menjadi negara keempat di dunia yang mengirim manusia ke luar angkasa setelah AS, Rusia, dan China.

"Terima kasih ISRO atas usahanya dan ucapannya!" kata warga India.

"Wow, aku tidak percaya ini. Fantastis, penghargaan yang sangat besar untuk para ilmuwan kami yang berdedikasi," ujar lainnya.

Menurut pemerintah India akan mulai mengirimkan astronot ke ruang angkasa pada tahun 2023 mendatang.

ARTIKEL LAINNYA