Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sudan Diterjang Banjir, Ribuan Rumah Terendam Air

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 08:00 WIB
Sudan Diterjang Banjir, Ribuan Rumah Terendam Air
Banjir di Sudan/Net
Banjir akibat hujan lebat musiman di Sudan telah menewaskan lebih dari 50 orang dan merendam sekitar 8.170 rumah hingga Sabtu (13/8).

Dari laporan Africa News, penduduk Desa Makaylab di dekat Sungai Nil terjebak oleh banjir, dengan sebagian besar pertanian hancur.

Jurubicara Dewan Nasional Pertahanan Sipil Sudan, Brigjen Jenderal Abdul Jalil Abdul Rahim mengatakan 19 kematian tercatat di Provinsi Kordofan Utara, 16 kematian di wilayah Darfur barat, dan tujuh kematian di sekitar Sungai Nil.

Musim hujan di Sudan biasanya dimulai pada Juni hingga September, dengan puncak banjir pada Agustus dan September.

Banjir dan hujan deras menggenangi 16 fasilitas pemerintah dan sekitar 40 toko, serta merusak sedikitnya 540 hektar lahan pertanian di seluruh negeri.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan sekitar 38 ribu orang terkena dampak hujan lebat di seluruh negara Afrika Timur sejak Mei. Air banjir juga telah memengaruhi kesehatan masyarakat Sudan sehingga dikabarkan banyak orang sakit tanpa bantuan medis.

Pada tahun lalu, banjir dan hujan lebat menewaskan lebih dari 80 orang dan membanjiri puluhan ribu rumah di seluurh wilayah.
Sementara pada 2020, Sudan ditetapkan sebagai daerah bencana alam dan memberlakukan keadaan darurat selama tiga bulan karena banjir dan hujan lebat menewaskan sekitar 100 orang dan menggenangi lebih dari 100 ribu rumah.

ARTIKEL LAINNYA