On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ditujukan ke China dan Korut, AS-Korsel-Jepang Gelar Latihan Militer Gabungan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 14:37 WIB
Ditujukan ke China dan Korut, AS-Korsel-Jepang Gelar Latihan Militer Gabungan
Ilustrasi/Net
Amerika Serikat (AS) bersama dengan Korea Selatan dan Jepang menggelar latihan militer di lepas pantai Hawaii untuk pertama kalinya sejak 2017. Letihan militer tersebut dinilai ditujukan pada Korea Utara dan China.

Latihan gabungan tersebut dihidupkan lagi setelah hubungan antara Seoul dan Tokyo mencapai titik terendah selama beberapa tahun terakhir.

Namun setelah Presiden Yoon Suk-yeol menjabat pada Mei lalu, ia berjanji untuk meningkatkan hubungan dengan Jepang dan memperdalam aliansi dengan AS.  

Latihan yang disebut Pacific Dragon ini berlangsung dari tanggal 8-14 Agustus.

"(Latihan ini) menunjukkan komitmen ketiga negara untuk menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh Korea Utara, melindungi keamanan bersama dan mendukung tatanan internasional berbasis aturan," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Selasa (16/8).

Salah satu latihan gabungan yang dilakukan adalah pengoperasian Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan yang memicu kemarahan China.

Beijing mengatakan radar THAAD dapat menembus wilayahnya dan mendesak pemerintah Korea Selatan untuk menghentikan operasi tersebut.

ARTIKEL LAINNYA