Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Khawatir Perang Ukraina Meluas, Jerman Kirim Pasukan ke Bosnia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 09:44 WIB
Khawatir Perang Ukraina Meluas, Jerman Kirim Pasukan ke Bosnia
Militer Jerman/Net
Jerman telah mengirim pasukannya ke misi penjaga perdamaian Uni Eropa di Bosnia untuk pertama kali dalam satu dekade. Langkah tersebut diambil Jerman seiring dengan meningkatnya kekhawatiran jika perang Ukraina menyebar ke Balkan Barat.

Dimuat The National, Pasukan Jerman tiba dan disambut dalam sebuah upacara di markas besar pasukan Eufor di Sarajevo pada Selasa (16/8).

Pada pertengahan September, Jerman juga akan mengirim 30 tentara ke negara tersebut.

Dengan kehadiran tentara Jerman, maka asukan penjaga perdamaian Eufor bertambah menjadi 1.100 dari 600 orang. Penambahan terjadi hanya beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Bosnia berjarak ratusan kilometer dari pertempuran di Ukraina tetapi menghadapi gerakan separatis Serbia Bosnia yang diduga mendapat dukungan diam-diam dari Moskow.

Selama kunjungan ke Kota Novi Grad pada Selasa, pemimpin separatis Serbia Bosnia Milorad Dodik mengatakan pasukan Jerman tidak diterima, mengacu pada permusuhan dari Perang Dunia Kedua.

Dodik mengaku menyesal setuju sebagai anggota kepresidenan negara untuk memperpanjang mandat Eufor.

Dengan kehadiran pasukan perdamaian Uni Eropa, banyak yang menyebut negara-negara Barat sedang mempersiapkan "NATO-isasi" Bosnia.

Eufor menggantikan pasukan penjaga perdamaian NATO di Bosnia pada tahun 2004.

Pasukan Uni Eropa dimaksudkan untuk menstabilkan negara setelah Serbia Bosnia, Kroasia dan Bosnia mengobarkan perang pada 1990-an, di mana 100 ribu orang tewas.

ARTIKEL LAINNYA