Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berkunjung ke Myanmar, PBB Temui Pemimpin Junta Min Aung Hlaing

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 10:47 WIB
Berkunjung ke Myanmar, PBB Temui Pemimpin Junta Min Aung Hlaing
Pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing/Net
Pejabat senior Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Noeleen Heyzer dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing dan para menterinya.

Heyzer tiba di Naypyitaw dan disambut oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Myanmar pada Selasa malam (16/8). Ini adalah kunjungan profil tinggi dari PBB setelah kudeta militer di Myanmar pada Februari tahun lalu.

"(Pertemuan) akan fokus untuk mengatasi situasi yang memburuk dan kekhawatiran segera," kata PBB dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Rabu (17/8).

Kunjungan dari utusan PBB muncul setelah pengadilan Myanmar menjatuhkan hukuman penjara enam tahun kepada pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, pada Senin (16/8).

Suu Kyi dinyatakan bersalah atas empat kasus korupsi, meski banyak pihak menilai itu sekadar rekaan.

Sejak digulingkan, Suu Kyi telah didakwa dengan setidaknya 18 pelanggaran, mulai dari korupsi hingga pelanggaran pemilu. Ia terancam hukuman penjara maksimum hampir 190 tahun.

Suu Kyi menyebut tuduhan itu tidak masuk akal dan menyangkal semua tuduhan terhadapnya.

Suu Kyi, yang ditahan di sel isolasi di sebuah penjara di ibukota Naypyitaw, juga telah dijatuhi hukuman 11 tahun penjara dalam kasus lain.

Menurut jurubicara junta, Zaw Min Tun, Heyzer belum meminta pertemuan dengan Suu Kyi.

ARTIKEL LAINNYA