On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pertama Sejak Pandemi, WNI di Brunei Darussalam Gelar Upacara HUT RI

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 15:18 WIB
Pertama Sejak Pandemi, WNI di Brunei Darussalam Gelar Upacara HUT RI
Upacara Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Brunei Darussalam/Ist
Antusiasme peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya dirasakan oleh masyarakat dalam negeri, melainkan juga Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri.

Seperti di Brunei Darussalam, ratusan WNI menggelar upacara HUT RI di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu (17/8).

Upacara secara langsung ini pertama kali digelar setelah pandemi Covid-19 melanda negara tersebut. Antusiasme terlihat saat ratusan warga sudah menempati lokasi sejak pukul 07.00 waktu setempat.

Acara itu ditandai dengan upacara pengibaran bendera pada pukul 08.00 pagi yang dipimpin oleh Dutabesar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara adalah Mayor Caj Tinton Kurniawan.
 
Pengibaran bendera itu dilakukan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari enam pelajar Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang berbaris secara padu dan rapih, serta melaksanakan pengibaran bendera dengan baik.

Pengibaran bendera disertai dengan lantunan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dinyanyikan oleh semua warga Indonesia yang hadir.
 
Dutabesar kemudian memimpin hening cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, upacara diakhiri dengan pembacaan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

“Saya tidak akan jemu mengingatkan masyarakat/komunitas Indonesia di Brunei Darussalam untuk selalu mematuhi semua hukum dan aturan yang berlaku di Brunei,” ujar Dubes Sujatmiko dalam keterangannya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada pegawai (home staff) KBRI Bandar Seri Begawan. Piagam penghargaan juga diberikan warga yang telah berjasa memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam.

Di samping itu, juga diberikan penghargaan atas pengabdian sebagai pegawai setempat pada KBRI Bandar Seri Begawan dengan masa kerja lebih dari dua puluh tahun dan lebih dari sepuluh tahun, serta penghargaan sebagai pegawai setempat dengan kinerja terbaik pada tahun 2022.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA