Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkatan Darat India Temukan Jenazah Tentara yang Hilang 38 Tahun Lalu di Gletser Siachen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 06:54 WIB
Angkatan Darat India Temukan Jenazah Tentara yang Hilang 38 Tahun Lalu di Gletser Siachen
Angkatan Darat India menemukan jenazah tentara yang hilang tertimpa runtuhan gletser di Siachen 38 tahun lalu/Net
rmol news logo Angkatan Darat India pada Rabu (17/8) mengumumkan dalam postingan Twitter bahwa mereka telah menemukan jenazah seorang tentara India yang hilang tertimpa runtuhan gletser di Siachen 38 tahun lalu.

Postingan itu disertai dengan gambar peti mati jenazah Chandra Shekhar Harbola yang dibungkus dengan bendera India.

Harbola dan 19 rekannya terperangkap dalam longsoran salju selama operasi patroli di  Siachen, wilayah Ladakh,  di sepanjang perbatasan India-Pakistan pada 1984.

Lewat pencarian berhari-hari, lima belas mayat berhasil ditemukan, tetapi lima lainnya masih hilang.

Siachen adalah medan perang tertinggi di dunia dan tentara dari kedua negara tewas dalam badai dan longsoran salju.

Selain jasad Harbola, Angkatan Darat juga menemukan satu jenazah lagi, tetapi belum teridentifikasi.

Penemuan itu terjadi pada Senin (15/8). Tim Angkatan Darat menemukan sisa-sisa manusia di gletser Siachen serta  tanda pengenal yang menunjukkan bahwa itu adalah Harbola, salah satu orang yang hilang.

Harbola adalah bagian dari unit tentara pertama India yang menduduki gletser sepanjang 76 kilometer (47 mil) pada tahun 1984, di tengah pertempuran sengit dengan tentara dari Pakistan, yang juga menguasai bagian dari Kashmir yang terbagi.

India dan Pakistan sama-sama mengklaim bahwa Gletser adalah bagian wilayahnya. Gletser dianggap sebagai medan perang tertinggi di dunia. Wilayah itu tidak berpenghuni sebelum pasukan India datang.

Sejak itu, kedua negara telah mengerahkan pasukan di ketinggian hingga 6.700 meter (21.982 kaki). Mereka telah bertempur dalam pertempuran kecil di gletser. Banyak tentara yang tewas dari kedua belah pihak, tetapi bukan karena tembakan musuh melainka karena kelelahan.

Pada 2017, setidaknya 20 tentara India tewas dalam tiga longsoran salju. Pada 2012, longsoran salju di Kashmir yang dikuasai Pakistan menewaskan 140 orang, termasuk 129 tentara Pakistan.

India dan Pakistan pernah mengupayakan pembicaraan damai, tetapi tidak pernah tercapai. Demiliterisasi gletser tidak berhasil.

Jenazah Harbola diterbangkan pada Rabu ke desa asalnya di negara bagian Uttarakhand utara setelah pemakaman dengan penghormatan militer penuh, kata tentara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA