Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

AS Tak Lagi Gratiskan Tes, Vaksin, dan Perawatan Covid-19

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 09:43 WIB
AS Tak Lagi Gratiskan Tes, Vaksin, dan Perawatan Covid-19
Ilustrasi vaksinasi/Net
Pemerintah Amerika Serikat (AS) tidak akan membayar tes, vaksin, dan perawatan Covid-19 mulai awal musim gugur tahun ini. Sehingga seluruhnya akan dikomersialisasi.

Koordinator Covid-19 Gedung Putih, Dr. Ashish mengatakan, transisi komersialisasi untuk tes, perawatan, dan vaksin Covid-19 akan segera dilakukan dalam beberapa pekan atau bulan ke depan. Namun sepenuhnya akan dilakukan pada tahun depan.

"Diperkirakan pada tahun 2023, Anda akan melihat komersialisasi hampir semua produk ini. Beberapa di antaranya sebenarnya akan dimulai musim gugur ini," ujarnya pada Selasa (16/8).

Meski diakui transisi akan sulit dilakukan, namun Dr. Ashish mengatakan pemerintah akan terus memastikan agar vaksin dan perawatan lainnya tersedia.

Nantinya, tes, vaksin, dan perawatan Covid-19 akan dipindahkan ke sistem perawatan kesehatan normal. Pasien perlu mengunjungi dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan vaksin atau perawatan.

Keputusan pemerintahan Joe Biden ini muncul di tengah masalah pendanaan yang dihadapi.

Pada April, Kongres hampir menyetujui pendanaan Covid senilai 10 miliar dolar AS. Namun Partai Republik memberikan penolakan.

Sebagai tanggapan, pemerintahan Biden mulai mengalihkan dana dari pengujian dan pengobatan ke pengembangan vaksin generasi berikutnya.

Bulan lalu, Senat Demokrat memperkenalkan RUU untuk menyediakan lebih banyak dana Covid, tetapi dengan cepat ditolak oleh Partai Republik.

ARTIKEL LAINNYA