Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ikuti Upacara Bendera di KBRI Madrid, Dua Pemenang Sayembara HUT RI Terharu

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 10:46 WIB
Dua pemenang sayembara HUT RI mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di KBRI Madrid pada Rabu (17/8) waktu setempat.

Berada di antara diaspora Indonesia dan keluarga KBRI Madrid, Dwi Eko Miranty dan Damajanti Surjana mengaku terharu karena mendapatkan kesempatan tersebut.

Berasal dari Bekadi, keduanya merupakan pemenang sayembara yang digelar oleh KBRI Madrid untuk memeriahkan HUT ke-77 RI.

"Alhamdulillah, 17 Agustus 2022, kami dari Indonesia, berkesempatan mengikuri upacara bendera di KBRI Madrid. Ini luar biasa," kata Dwi Eko, dalam unggahan video di kanal YouTube Wisma Duta RI Madrid.

"Ranggal 17 ini sangat berarti buat kami semua. Kebetulan 77 tahun Indonesia merdeka, kita bisa menyambut kemerdekaan ini di Madrid. Syukur alhamdulillah sekali bagi kami bisa merasakannya jauh lebih besar, lebih berarti. Sangat terharu," lanjut Damajanti.

Menurut Duta Besar RI untuk Spanyol dan UWTO, Dr. Muhammad Najib, perayaan HUT RI tahun ini di Madrid dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Meski membatasi masyarakat yang hadir, KBRI Madrid tetap berusaha kreatif dengan menggelar sayembara yang para pemenangnya diundang untuk mengikuti upacara bendera.

"Salah satu bentuk kreativitas yang KBRI Madrid laksanakan hari ini adalah melakukan sayembara yang pemenangnya diundang untuk mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI di KBRI Madrid," jelas Najib.

Najib menyebut terdapat lebih dari 1.000 peserta yang aktif, sementara lebih dari 10 ribu lainnya memberikan dukungan atas sayembara tersebut.

Lebih lanjut, Najib berharap agar sayembara serupa dapat terus dilaksanakan oleh KBRI Madrid, atau bahkan menjadi program permanen tahunan untuk menyambut HUT RI setiap 17 Agustus.

Setelah mengikuti upacara bendera dan jamuan makan malam di KBRI Madrid, kedua pemenang juga akan diajak berkeliling Kota Madrid, dan beberapa kota lainnya di Spanyol.

ARTIKEL LAINNYA