Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Kunjungan Parlemen ASEAN, Wapres India Sepakat Prioritaskan Hubungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 14:56 WIB
Sambut Kunjungan Parlemen ASEAN, Wapres India Sepakat Prioritaskan Hubungan
Delegasi Parlemen ASEAN bertemu dengan Wakil Presiden India, Jagdeep Dhankhar pada Jumat (12/8)/Net
rmol news logo Wakil Presiden India Jagdeep Dhankhar menyambut dengan suka cita kunjungan delegasi anggota parlemen ASEAN yang dipimpin oleh Wakil Presiden Pertama Majelis Nasional Kamboja, Kittisetabindit Cheam Yeap.

Kunjungan dilakukan pada Jumat (12/8), dan menjadi momentum penting untuk mendorong peningkatan kerjasama bilateral antara kedua belah pihak.

Dalam kesempatan itu, Dhankar menyebut hubungan budaya dan peradaban yang dijalin India dengan ASEAN selama 30 tahun dapat terlihat dalam monumen, arsitektur, bahasa, kebiasaan makanan dan budaya yang telah menciptakan fondasi kuat untuk kemitraan strategis.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama ASEAN sebagai pintu gerbang India untuk mengakses kawasan Samudra Hindia yang memiliki potensi ekonomi dan politik paling dinamis di dunia. Sehingga, keterlibatan penuh India dengan ASEAN sangatlah dibutuhkan.

"India sepenuhnya mendukung persatuan dan sentralitas ASEAN yang menyediakan platform alami untuk mempromosikan kawasan Indo-Pasifik bebas, terbuka, inklusif, dan berdasarkan aturan," ujarnya, seperti dikutip NTD News.

India menjadi mitra sektoral ASEAN pada tahun 1992 dan berkembang menjadi mitra strategis pada tahun 2012.

Dhankhar mengaku puas pada kemajuan hubungan keduanya dan akan mendukung segala kebijakan termasuk arsitektur regional yang berpusat pada ASEAN.

Terakhir, Dhankhar mengapresiasi peran yang dimainkan oleh Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA) atas upayanya dalam menyatukan semua negara anggota ASEAN dan pengamat untuk kemajuan kawasan secara keseluruhan.

Delegasi yang dipimpin oleh Kittisetabindit Cheam Yeap juga mengapresiasi hubungan persahabatan antara India dan negara-negara ASEAN dan berharap kunjungan tersebut akan semakin memperkuat ikatan yang ada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA