On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

China Sampai Belarus Ikut Latihan Militer Gabungan dengan Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 16:51 WIB
China Sampai Belarus Ikut Latihan Militer Gabungan dengan Rusia
Militer China dan Rusia/Net
China akan berpartisipasi dalam latihan komando dengan Rusia dalam Vostok-2022 bersama India, Belarus, Tajikistan, dan Mongolia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan India, Belarus, Tajikistan, dan Mongolia juga akan mengirim pasukan untuk latihan tersebut. Tetapi tentara India belum memberikan komentar resmi mengenai hal ini.

“Menurut rencana kerja sama militer tahunan China-Rusia dan konsensus yang dicapai oleh kedua belah pihak, Tentara Pembebasan Rakyat China akan mengirim beberapa pasukan ke Rusia untuk mengambil bagian dalam latihan strategis Vostok (Timur)-2022,” kata Kemhan China pada Rabu (17/8).

Kemhan mengatakan partisipasi militer China dalam latihan tersebut tidak terkait dengan situasi internasional dan regional saat ini.

"Tetapi dirancang untuk memperdalam kerja sama yang praktis dan bersahabat dengan militer negara-negara peserta, meningkatkan tingkat koordinasi strategis dan memperkuat kemampuan untuk mengatasi berbagai ancaman keamanan," lanjutnya.

Menurut Kantor Berita Rusia, TASS, latihan komando dan staf strategis Vostok-2022 akan diadakan di bawah komando Kepala Staf Umum Rusia, Valery Gerasimov.

Latihan akan digelar di 13 tempat di Distrik Militer Timur dari 30 Agustus hingga 5 September.

China merupakan mitra utama Rusia. Beijing telah menjadi pembeli peralatan militer Rusia sejak 1990-an, dengan penjualan ke China mencapai 25-50 persen dari penjualan militer asing Rusia.

ARTIKEL LAINNYA