Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inflasi Membumbung Tinggi, Ribuan Warga Argentina Protes Minta Pemerintah Naikkan Upah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 17:07 WIB
Inflasi Membumbung Tinggi, Ribuan Warga Argentina Protes Minta Pemerintah Naikkan Upah
Ribuan warga melakukan protes di jalanan kota Buenos Aires Argentina pada Kamis (18/8)/Net
rmol news logo Krisis ekonomi di negara Amerika Selatan telah mendorong ribuan warga Argentina yang frustrasi melakukan protes di pusat kota Buenos Aires untuk menuntut kenaikan gaji dan tunjangan pengangguran yang semakin terpukul akibat lonjakan inflasi.

Seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (18/8), pengunjuk rasa telah sampai di istana presiden dan kongres Argentina dengan memukul genderang dan mengibarkan bendera serikat pekerja. Mereka berasal dari berbagai kelompok sayap kiri yang beraliran peronis.

Kemacetan di jalan utama tidak dapat dibendung setelah para demonstran berkumpul di jalan sambil menyerukan kenaikan upah yang sejalan dengan naiknya inflasi dan banyaknya pengeluaran sosial untuk mengurangi penderitaan ekonomi warga yang meluas.

“Kita tidak bisa melanjutkan tingkat inflasi ini di mana setiap hari kita terus kehilangan sebagian dari gaji kita,” kata ketua serikat pekerja CGT, Pablo Moyano, yang mewakili sebagian besar pegawai pemerintah.

Kepala serikat pekerja yang mewakili pekerja industri karton dan kertas Ramon Luque mengatakan tidak ada pekerjaan dan gaji yang didapat tidak mencukupi di tengah kenaikan harga yang terus meningkat.

Harga di toko kelontong dan toko terus naik secara berkala, mencerminkan inflasi yan melonjak. Pada bulan lalu inflasi telah naik 7,4 persen dan menjadi kenaikan bulanan tertinggi dalam dua dekade.

Krisis ekonomi negara Argentina telah lama membengkak, hingga 40 persen dari populasi negara hidup dalam kemiskinan. Presiden Alberto Fernandez terus berjuang untuk menemukan solusi untuk keluar dari tingkat inflasi tahunan sebesar 70 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA