Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Perayaan HUT RI di KBRI Wina Disambut Antusiasme WNI dan Diaspora Indonesia

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 18:37 WIB
Perayaan HUT RI di KBRI Wina Disambut Antusiasme WNI dan Diaspora Indonesia
Duta Besar RI untuk Austria, Damos Dumoli Agusman/Ist
KBRI Wina menggelar upacara perayaan HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8) waktu setempat. Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Austria, Damos Dumoli Agusman.

Acara ini berlangsung dengan khidmat dan disambut antusias oleh para WNI di Austria, setelah hampir dua tahun perayaan ini terdampak karena pandemi Covid-19. Bahkan upacara juga turut diikuti oleh WNI yang datang dari Slovenia.

"Ini menunjukkan adanya suasana pulih yang lebih cepat dan tentunya bangkit yang lebih kuat, yang kita rasakan hari ini. Kita berharap selanjutnya dapat terus berkumpul dengan suasana hati yang merdeka,” ujar Dubes Damos dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Kamis (18/8).

KBRI Wina mencatat, perayaan tersebut dihadiri oleh 100 peserta, yang terdiri dari staf KBRI Wina, perwakilan-perwakilan mahasiswa di Austria dan Slovenia, kelompok agama Islam, Kristen dan Hindhu di Austria, profesional di organisasi internasional, serta para sesepuh WNI dan diaspora di Austria.

Acara tahunan ini digelar sebagai upacara lintas generasi pertama setelah situasi pandemi membaik.

Anak-anak dari staff KBRI turut memeriahkan acara dengan pertunjukan Aubade, yang menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia.

Setelah upacara selesai digelar, KBRI Wina juga melakukan acara potong tumpeng merah putih oleh Dubes RI. potongan pertama diberikan kepada salah satu diaspora tertua di Austria, Hamonangan Pandjaitan yang telah berusia 92 tahun.

Hamonangan telah menetap di Wina hampir tujuh dasawarsa dan telah menjadi warga negara Austria. Namun ia tetap mengaku senang dan bangga dapat menghadiri acara pengibaran bendera HUT ke-77 RI kali ini.

Rangkaian acara HUT RI telah diselenggarakan oleh KBRI Wina sejak Minggu (14/8),  dengan berbagai perlombaan, termasuk bulutangkis serta tenis meja ganda putra dan putri. Lomba diikuti oleh 150 peserta dengan para pendukungnya.

Penutupan rangkaian perayaan HUT RI akan dilakukan pada 27 Agustus mendatang. KBRI akan mengundang segenap WNI dan diaspora Indonesia, kalangan diplomatik terbatas, serta para mitra KBRI Wina di Austria dan Slovenia.

ARTIKEL LAINNYA