Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PM Finlandia Sanna Marin Didesak Tes Narkoba Setelah Video Pesta Liar Bersama Para Pejabat Bocor

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 07:20 WIB
PM Finlandia Sanna Marin Didesak Tes Narkoba Setelah Video Pesta Liar Bersama Para Pejabat Bocor
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin/Net
Isu penyalahgunaan narkoba tengah membelit Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin setelah beredar video saat dirinya berpesta bersama teman-temannya. Dalam rekaman terdengar suara-suara yang mendiskusikan soal kokain.

Kabar miring tersebut langsung dibantah Marin yang mengaku kesal dengan pemberitaan itu dalam sebuah pernyataan pada Kamis pagi (18/8) waktu setempat.

“Saya kesal karena video ini menjadi publik. Itu tentang saya keluar malam dengan teman-teman. Kami berpesta, menari dan bernyanyi,” kata Marin kepada media, seperti dikutip dari AFP.

Dia membantah melakukan kesalahan dan menyesalkan pelanggaran privasinya.

Pesta itu berlangsung di kediamannya beberapa minggu yang lalu, katanya. Itu adalah saat dia sedang tidak bertugas dan meminta agar privacy-nya dirahasiakan. Ia membenarkan ada pesta malam itu yang berlanjut di dua bar di Helsinki.

Rekaman, yang beredar awal pekan ini di media sosial, menunjukkan wanita berusia 36 tahun itu bersenang-senang dan menari-nari liar dengan beberapa tokoh masyarakat, sebagian besar dari industri hiburan, juga ada beberapa pejabat dan anggota parlemen Ilmari Nurminen.

Menurut laporan di pers lokal, beberapa pengunjung pesta terdengar meneriakkan istilah yang bisa merujuk pada kokain.

Video tersebut, pertama kali diterbitkan oleh tabloid Iltalehti dan dikompilasi dari beberapa klip Instagram yang telah dihapus.

Sejumlah politisi Finlandia telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan rusaknya citra sang perdana menteri.

Anggota parlemen Mikko Karna menyarankan agar Marin secara sukarela mengikuti tes narkoba dan mengumumkan hasilnya agar tidak ada ruang untuk spekulasi. Dia juga mengatakan dia prihatin reputasi pejabat Finlandia tercoreng, terutama karena partai politik Karna adalah bagian dari koalisi yang berkuasa saat ini.

Marin memang dikenal menyukai kehidupan malam. Tahun lalu, ia membuat kehebohan dengan bepergian ke pesta bersama suaminya hanya beberapa jam setelah anggota kabinetnya dinyatakan positif Covid-19.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA