Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Taliban Ingin Afghanistan Jadi Jalur Perdagangan India ke Negara-negara Asia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 08:27 WIB
Taliban Ingin Afghanistan Jadi Jalur Perdagangan India ke Negara-negara Asia
Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi/Net
Setelah resmi menguasai Afghanistan selama satu tahun terakhir, Taliban berupaya menunjukkan sikap pemerintahan yang bersahabat ke negara lain. Satu satunya berupaya menjalin hubungan kerjasama perdagangan dengan India.

Berbicara dalam sebuah acara di Kandahar pada Kamis (18/8), Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi mengatakan pemerintahannya ingin menjalin hubungan baik dengan semua negara. Sehingga kini dirinya tengah memulai pembicaraan kerjasama dengan beberapa negara tetangga.

“Imarah Islam menginginkan hubungan baik dengan semua negara. Tetapi kami menyadari normalisasi hubungan akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama khususnya setelah 20 tahun perang di Afghanistan," ujarnya, seperti dimuat dalam India Today.

Muttaqi mengatakan Taliban ingin Afghanistan menjadi jalur perdagangan India dengan negara-negara Asia, seperti halnya yang telah dilakukan oleh Pakistan.

Menurutnya, Afghanistan dapat mengambil peran kunci dalam membantu India mengangkut barang ke Uzbekistan melalui rute transit Pakistan.

Saat ini Muttaqi tengah berupaya bernegosiasi dengan para pemimpin suku di Kandahar dengan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mereka karena telah berkumpul selayaknya saudara.

“Kami memiliki banyak hari penting dalam sejarah. Tapi syukurlah bahwa hari ini kami mengumpulkan orang-orang dari berbagai suku di aula ini seperti saudara," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA