Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tiba di Lviv Bersama Erdogan, Delegasi Turki Tandatangani Kesepakatan Perbaikan Infrastruktur untuk Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 09:03 WIB
Tiba di Lviv Bersama Erdogan, Delegasi Turki Tandatangani Kesepakatan Perbaikan Infrastruktur untuk Ukraina
Rombongan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan tiba di Lviv, Ukraina pada Kamis 18 Agustus 2022/Net
Turki berjanji akan membantu pembangunan kembali Ukraina.

Kementerian Infrastruktur Ukraina dalam situs resminya mengumumkan bahwa Ankara dan Kiev telah menandatangani nota kesepakatan pada Kamis (18/8) tentang pemulihan fasilitas infrastruktur Ukraina yang ditandatangani oleh Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov dan Menteri Perdagangan Turki Mehmet Mush.

"Hari ini di Lviv, Menteri Infrastruktur Ukraina Alexander Kurbakov dan Menteri Perdagangan Turki Mehmet Mus menandatangani nota kesepahaman tentang rekonstruksi infrastruktur, yang menyediakan partisipasi Turki dalam rekonstruksi Ukraina," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Dokumen tersebut ditandatangani di hadapan Presiden Vladimir Zelensky dari Ukraina dan Recep Tayyip Erdogan dari Turki.

Erdogan tiba di Lviv pada Kamis, dari bandara Rzeszow Polandia. Erdogan mengadakan pertemuan dengan Zelensky untuk membahas implementasi kesepakatan biji-bijian, prospek penyelesaian krisis Ukraina dan kerja sama bilateral, termasuk perbaikan infrastruktur.

Kubrakov atas nama Ukraina menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tukri. Mengatakan bahwa ia sangat memercayai kehebatan Turki soal pembangunan infrastruktur.  

“Kami berterima kasih kepada mitra Turki atas niat mereka untuk bekerja sama dalam pemulihan infrastruktur yang dihancurkan oleh Rusia. Pengalaman hebat bisnis Turki dalam pembangunan jalan dan jembatan berkontribusi terhadap hal ini, khususnya menyangkut megaproyek kami Zaporizhzhia dan jembatan Kremenchug," kata Kubrakov, seperti dikutip dari Ukrinform.

Ia berharap kerja sama ini akan mencapai hasil praktis yang nyata.

Hasil dari kesepakatan itu juga memaparkan akan dibentuk kelompok kerja untuk restorasi dalam waktu dekat serta menyusun mekanisme menarik investasi Turki. Kemudian mengembangkan proyek-proyek khusus untuk kerja sama dua negara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA