On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rusia Sebar Rudal Hipersonik Kinzhal di Sepanjang Laut Baltik, Siap Konfrontasi dengan NATO?

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 09:34 WIB
Rusia Sebar Rudal Hipersonik Kinzhal di Sepanjang Laut Baltik, Siap Konfrontasi dengan NATO?
Jet tempur MiG-31 dengan rudal Kinzhal/Net
Rusia telah mengerahkan pesawat yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik di sepanjang Laut Baltik. Langkah ini semakin mendekatkan militer Rusia ke perbatasan NATO.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis (18/8) mengatakan telah memindahkan tiga jet tempur MiG-31 dengan rudal Kinzhal ke pangkalan udara Chkalovsk di Kaliningrad, yang terletak di utara Polandia dan selatan Lithuania.

Tujuannya adalah sebagai langkah pencegahan tambahan yang strategis, di mana pesawat dalam keadaan siaga konstan untuk perintah segera.

Pada hari yang sama, jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Ivan Nechayev, menuturkan pihaknya khawatir dengan konfrontasi dari Barat.

"Rusia, sebagai kekuatan nuklir, akan terus bertindak dengan tanggung jawab maksimum," ujarnya, seperti dikutip Associated Press.

Nechayev mengatakan, peristiwa yang terjadi di Ukraina menunjukkan bentrokan dengan Barat adalah kemungkinan yang nyata. Namun konfrontasi langsung bukanlah kepentingan kedua belah pihak.

"Kami melanjutkan asumsi bahwa AS dan NATO menyadari di mana retorika anti-Rusia agresif mereka dengan menekankan pada kemungkinan penggunaan senjata nuklir dapat mengarah," tambahnya.

Rudal Kinzhal telah digunakan dalam invasi Rusia ke Ukraina. Rudal ini memiliki jangkauan hingga sekitar 1.250 mil atau 2.000 kilometer, dan terbang dengan kecepatan sepuluh kali kecepatan suara.

ARTIKEL LAINNYA