Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Florida Catat Kasus Monkeypox Pertama Pada Anak Usia 4 Tahun

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 17:07 WIB
Florida Catat Kasus Monkeypox Pertama Pada Anak Usia 4 Tahun
Ilustrasi/Net
Florida mengumumkan kasus monkeypox atau cacar monyet pertama pada anak kecil berusia 4 tahun. Anak itu dinyatakan positif di Martin County di Treasure Coast Florida, yang kini memiliki total enam kasus monkeypox.

Anak yang terinfeksi tersebut diklasifikasikan sebagai kasus kategori 0-4 tahun. Tetapi jurubicara Departemen Kesehatan Florida, Jeremy Redfern mengatakan karena masalah privasi, pihaknya tidak merilis informasi lebih lanjut terkait kasus tersebut.

“Monkeypox dapat menular dari kontak kulit ke kulit yang dekat. Jadi, orangtua dengan monkeypox dapat menginfeksi monkeypox kepada anaknya jika mereka berada dalam kontak dekat,” ujar Redfern, seperti dimuat NTD News, Jumat(19/8).

Redfern menuturkan, Badan Makanan dan Obat-obatan (FDA) baru-baru ini memperluas kelayakan vaksin untuk anak, jika mereka berisiko tinggi atau telah terkena cacar monyet.

Departemen Kesehatan Florida sejauh ini telah mencatat 1.317 kasus cacar monyet di seluruh negara bagian. Kabupaten yang paling terkena dampak adalah Broward dengan 446 kasus, dan Miami-Dade dengan 513 kasus.

Menanggapi hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan darurat kesehatan global, sementara Gubernur Florida Ron DeSantis menyatakan dia tidak akan mengeluarkan deklarasi darurat di wilayahnya.

Dalam konferensi pers pada 3 Agustus lalu, DeSantis membuat pengumuman bahwa dia tidak berpikir warga Florida harus takut akan penyakit itu.

"Setiap politisi yang mencoba menakut-nakuti Anda tentang ini, jangan dengarkan omong kosong mereka. Kami tidak akan ketakutan," ujar DeSantis.

Disamping itu, Ahli Bedah Umum Florida Joseph Ladapo mengatakan telah mendistribusikan 8.500 dosis vaksin, dan memiliki sekitar 24 ribu dosis vaksin yang siap disebarkan.

ARTIKEL LAINNYA