Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putin Curhat ke Macron Soal Bahaya Bencana Nuklir

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 20 Agustus 2022, 11:05 WIB
Putin Curhat ke Macron Soal Bahaya Bencana Nuklir
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net
Pemimpin Rusia dan Prancis kembali terlibat diskusi tentang situasi terkini Ukraina di tengah kekhawatiran ancaman bencana nuklir.

Percakapan via telepon antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron dikonfirmasi Kremlin dalam sebuah pernyataan Jumat (19/8) waktu setempat.

"Putin menekankan bahwa penembakan sistematis oleh militer Ukraina di wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia menciptakan bahaya bencana skala besar yang dapat menyebabkan kontaminasi radiasi yang luas," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari RT, Sabtu (20/8).

Belakangan ini terjadi aksi saling tuding antara Rusia dan Ukraina atas penembakan di PLTN Zaporizhzhia, yang merupakan salah satu kompleks tenaga atom terbesar di Eropa dan menghasilkan seperempat dari total listrik Ukraina.

"Dalam panggilan telepon, Putin dan Macron mencatat pentingnya mengirim misi IAEA ke PLTN Zaporizhzhia sesegera mungkin untuk menilai situasi sebenarnya di tempat," kata pernyataan itu.

"Pihak Rusia mengkonfirmasi kesiapannya untuk memberikan inspektur IAEA dengan bantuan yang diperlukan," tambahnya.

Putin juga memberi penjelasan kepada Macron tentang implementasi kesepakatan ekspor biji-bijian yang ditandatangani di Istanbul bulan lalu, menggarisbawahi bahwa masih ada hambatan untuk ekspor makanan dan pupuk Rusia ke pasar dunia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA