Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sebelum ke Indonesia, Xi Jinping Diduga Bakal Bertemu Lebih Dulu dengan Vladimir Putin di Negara Ini

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 20 Agustus 2022, 15:54 WIB
Sebelum ke Indonesia, Xi Jinping Diduga Bakal Bertemu Lebih Dulu dengan Vladimir Putin di Negara Ini
Xi Jinping dan Vladimir Putin/Net
Pertemuan tatap muka antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hal itu merujuk pada laporan Wall Street Journal pada Jumat (19/8) yang menyebutkan bahwa Xi akan melakukan perjalanan ke Asia Tengah dan bertemu Putin di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO).

Menurut sumber yang dikutip WSJ, kantor Xi mengindikasikan minggu ini bahwa dia dapat secara pribadi menghadiri KTT, yang akan berlangsung di kota Samarkand, Uzbekistan, pada 15 dan 16 September.

Kantor tersebut juga telah mulai mempersiapkan kemungkinan pertemuan bilateral dengan Putin, serta para pemimpin Pakistan, India, dan Turki, yang juga diperkirakan akan tiba.

Beberapa orang yang berbicara dengan WSJ mengklaim bahwa keputusan untuk memasukkan perjalanan dalam jadwal Xi diduga diambil setelah Beijing gagal menghalangi Ketua DPR AS Nancy Pelosi untuk mengunjungi Taiwan awal bulan ini.

Karena kunjungan itu dilihat oleh Beijing sebagai tanda tekanan Barat terhadap China, perjalanan ke Asia Tengah akan menggarisbawahi niat pemimpin China untuk melawannya dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara yang bukan sekutu dekat AS, jelas mereka.

Sebelumnya Xi dan Putin diperkirakan akan bertemu pada KTT G20 di Bali pada November, setelah Presiden Joko Widodo mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa kedua pemimpin akan hadir.

WSJ sebelumnya melaporkan Xi juga dapat mengadakan pembicaraan langsung pertamanya dengan Presiden AS Joe Biden di KTT Bali.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA