Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dari Upacara Sampai Parade, Begini Kemeriahan Rangkaian HUT ke-77 RI di Madrid

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 09:55 WIB
Dari Upacara Sampai Parade, Begini Kemeriahan Rangkaian HUT ke-77 RI di Madrid
Kemeriahan perayaan HUT ke-77 RI yang dilaksanakan oleh KBRI Madrid/Ist
Rangkaian perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Madrid digelar dengan begitu meriah. Bahkan jauh sebelum 17 Agustus sudah dilaksanakan berbagai kegiatan.

Pada Rabu (17/8) sendiri telah dilgelar upacara pengibaran bendera di kantor KBRI Madrid. Upacara dipimpin oleh Duta Besar Dr. Muhammad Najib, sementara Asisten Athan Mayor (AD) Yahya Wisnu Gutama bertindak sebagai komandan upacara.

Berlangsung dengan lancar dan khidmat, upaca disiarkan secara langsung melalui YouTube Indonesia in Madrid. Itu dilakukan untuk membatasi tamu yang hadir karena masih diterapkannya protokol kesehatan Covid-19.

Setelah upacara, dilakukan pemotongan tumpeng dan makan bersama, diikuti pemotongan kue ulang tahun ke-77 Kementerian Luar Negeri RI.

Diaspora Indonesia paling senior di Spanyol, juga influencer dari kota Barcelona dan Castellon, menjadi penerima tumpeng pertama Dubes Najib.

Sementara kepala kanselerai KBRI Madrid, Bayu Hari Saktiawan, mewakili segenap staf dan jajaran, menerima potongan pertama kue Kemlu, yang berulang tahun ke-77 pada 19 Agustus.

Ada sekitar 75 tamu yang hadir, termasuk sejumlah anak yang berkostum siswa sekolah dasar Indonesia, beberapa WNI yang singgah dari Belanda, hingga dua pemenang sayembara HUT ke-77 RI KBRI Madrid.

Sayembara berhadiah kunjungan ke Spanyol merupakan salah satu gebrakan Dubes Najib, dan menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 RI.

“Dengan diutusnya warga biasa untuk berdiplomasi di Spanyol, saya harap bisa meningkatkan ketertarikan dan mendekatkan masyarakat dengan kinerja perwakilan-perwakilan RI di luar negeri, khususnya KBRI Madrid,” jelas Dubes Najib.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pada Minggu (21/8) dengan menggelar parade.

Setelah terjadinya gelombang panas ekstrem sepanjang musim panas di Spanyol, KBRI Madrid beserta masyarakat Spanyol menikmati kesejukan saat menikmati Kota Madrid.

Mulai dari jalan santai, bersepeda, hingga mengendarai scooter electric, dan segway, semua peserta menggunakan kostum berwarna Merah dan Putih.

Parade di sepanjang jalan protokol ini juga menarik perhatian warga lokal dan wisatawan mancanegara. Sejumlah turis dan masyarakat setempat sempat bertanya kepada para peserta, yang kemudian menjadi sarana untuk mengenalkan Indonesia

Rute sepanjang 1,5 kilometer yang dilalui dimulai dari Puerta de Alcala, gerbang jalan raya historis; Plaza de Cibeles, yang dikenal sebagai tempat berpesta pendukung Real Madrid; Fuente de Neptuno, pancuran pesta supporter bola Atletico Madrid; dan berakhir di Parque de Retiro, “Central Park” kota Madrid.

Acara diakhiri dengan piknik di taman dan pemberian hadiah kepada pemenang pakaian terunik.

Tak berhenti di situ, KBRI Madrid juga menyelenggarakan lomba video satu menit bertemakan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” kepada WNI yang tinggal di Spanyol.

Mayoritas msyarakat Indonesia di Spanyol, berjumlah di atas 1.500 orang, memiliki perhatian tinggi dengan unjuk kreativitas di media sosial.

Dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku diplomasi melalui diseminasi informasi, diharapkan agar masyarakat dan diaspora Indonesia di Spanyol terus berbangga tebar rasa nasionalisme di perantauan.

ARTIKEL LAINNYA